CONNECT WITH US!

Inikah Alasan Generasi Milenial Digantikan Robot?

Reporter : Arie Dwi Budiawati | Senin, 8 Mei 2017 08:31
Teknologi Robot Biasanya Digunakan Untuk Pekerjaan Yang Berkaitan Dengan Produksi. (Foto: Shutterstock)
Ada prediksi generasi milenial akan bersaing dengan robot.

Dream – Menjadi generasi milenial itu sulit, terlebih ketika bicara tentang pekerjaan. Sebab, milenial ini akan bersaing dengan robot untuk memperoleh pekerjaan.

Dilansir dari Business Insider, Senin 8 2017,  situs pencari kerja terbesar di Inggris, Indeed, mengatakan sistem robot akan menggantikan pekerjaan kasar. Hal ini disebabkan oleh generasi milenial yang cenderung memilih pekerjaan yang berisiko rendah.

Selain itu, perusahaan memilih sistem robot untuk mengerjakan pekerjaan repetitif—pekerjaan ini memerlukan interaksi yang kurang dengan manusia—secara efisien.

Contohnya di Inggris, Indeed menganalisis pola pencarian pekerjaan secara online di Inggris selama September 2016-Maret 2017. Hasilnya, 48 persen generasi milenial mencari pekerjaan yang tidak memerlukan kerutinan, seperti manajemen, sedangkan baby boomers mencari pekerjaan rutin, seperti penjualan, administrasi, transportasi, dan konstruksi.

Nah, pekerjaan-pekerjaan rutin ini lebih rentan terkena otomatisasi karena melibatkan pengulangan. Pekerjaan yang melibatkan sedikit interaksi dengan manusia, kemungkinan besar akan digantikan oleh robot.

Lalu, Indeed juga menemukan kalau generasi milenial kurang tertarik dengan pekerjaan yang kemungkinan besar akan digantikan oleh robot. Disebutkan bahwa 61,1 persen generasi X mencari pekerjaan rutin, generasi X 55,1 persen, dan generasi milenial ada 52 persen.

Seorang ekonom di Indeed, Mariano Mamertimo, mengatakan teknologi terus membentuk cara bekerja sesuai tipe pekerjaan dan jumlah pekerjaan yang tersedia.

“ Automatisasi adalah sebuah proses, bukan satu peristiwa dan kemajuan teknologi akan mempengaruhi pekerjaan yang berbeda pada waktu yang berbeda,” kata dia.

Mariamo mengatakan bergantinya tenaga manusia dengan tenaga robot untuk sebuah pekerjaan bisa jadi terdengar menakutkan. Namun, ketakutan ini bisa dihilangkan jika orang-orang meningkatkan kemampuan kerja mereka.

Fakta di Balik Syed Saddiq, Menteri Termuda Malaysia