Ilustrasi/Shutterstock
Dream – Berawal dari sulitnya penjualan dan memutuskan mmeproduksi toko fashion muslim untuk anak, Shahiahijab kebanjiran pesanan. Berkembangnya jual beli online turut membantu bisnis yang sudah berdiri tiga tahun tersebut.
Memulai bisnis di tahun 2018, Servantina Bunga bersama suaminya membangun Shahiahijab yang berawal dari keinginannya memakaikan gamis ke anaknya yang baru lahir di tahun tersebut.
“ Sebelumnya saya sudah suka dunia perkainan, dan sewaktu saya hamil pernah ikut kursus menjahit, dari pengalaman tersebut muncul lah inspirasi,” ujar Servantika Bunga pemilik Shahiahijab pada Senin, 26 April 2021.
Bunga dan suami langsung mempersiapkan segala macam kebutuhan bisnis, termasuk akun penjualannya yang dilakukan secara online melalui aplikasi Shopee Indonesia.
Melihat karakter dan segmentasi produk yang merujuk ke demografi dari Shopee Indonesia, untuk cakupan luas dari sistem pemasaran dan penjualan produk gamis anak, dan hijab anak dalam kategori Fashion Muslim, Bunga tanpa ragu melanjutkan bisnis fashion anak dibuat secara langsung dirinya sendiri.
Untuk mencapai di titik sekarang, perjalanan tak selalu mulus. Lika-liku penjualan dan produksi barang pernah dialami Bunga. Sebut saja seperti kerugian dan gagal produksi, ditambah lagi dengan situasi pandemi menjadi tantangan bagi semua orang.
“ Setiap ada masalah ataupun kerugian saya mencari solusi agar Shahia tetap berjalan, dan kerugian tersebut saya anggap sebagai biaya belajar,” imbuhnya.
Shahiahijab terus berfokus untuk bisa berjualan produk Fashion Muslim dari sebelum pandemi dengan turut berpartisipasi di beberapa kampanye Shopee, salah satunya adalah Big Ramadan Sale.
Dari momen tersebut membuahkan hasil yang baik dengan penjualan Shahiahijab meningkat tiga kali lipat dibandingkan hari biasanya.
“ Semenjak pandemi ini saya terus berinovasi sesuai dengan kebiasaan masyarakat yang dirumah aja,” imbuhnya.
Kata Bunga, saya harus menyediakan kebutuhan masyarakat agar baju yang mereka pakai nyaman di dalam rumah, dan jika akan keluar rumah masih tetap kece dan juga modis.
Sebelumnya, Shahiahijab hanya fokus ke daerah penjualan sekitar rumahnya, kini lewat platform Shopee, Shahiahijab dapat menjangkau daerah luar provinsi, bahkan ada konsumen yang berasal dari kabupaten dan kota terpencil di Indonesia.
Dengan adanya fitur gratis ongkir, diskon dan cashback juga jadi salah satu nilai tambah untuk para konsumen Shahiahijab yang dijadikan sebagai strategi pemasaran dari Bunga dan suami.
Tidak hanya itu, pendampingan, edukasi, dan pelatihan juga kerap diterima oleh Bunga untuk perkembangan dan keberlangsungan Shahiahijab melalui berbagai program inovatif yang diberikan program Kampus Shopee, juga melalui RM (Relationship Management) nya yang senantiasa mendampingi dan membimbing.
Laporan: Radhika Nada
Advertisement
Universitas Udayana Buka Suara Terkait Dugaan Perundungan Timothy Anugerah
UU BUMN 2025 Perkuat Transparansi dan Efisiensi Tata Kelola, Tegas Anggia Erma Rini
Masa Tunggu Haji Dipercepat, dari 40 Tahun Jadi 26 Tahun
Viral Laundry Majapahit yang Bayarnya Hanya Rp2000
NCII, Komunitas Warga Nigeria di Indonesia
9 Kalimat Pengganti “Tidak Apa-Apa” yang Lebih Hangat dan Empatik Saat Menenangkan Orang Lain
PT Taisho Luncurkan Counterpain Medicated Plaster, Inovasi Baru untuk Atasi Nyeri Otot dan Sendi
Universitas Udayana Buka Suara Terkait Dugaan Perundungan Timothy Anugerah
Hasil Foto Paspor Shandy Aulia Pakai Makeup Artist Dikritik, Pihak Imigrasi Beri Penjelasan
Zaskia Mecca Kritik Acara Tanya Jawab di Kajian, Seperti Membuka Aib