Jokowi Malu Proses Izin Usaha di RI Kalah dari Malaysia

Reporter : Ramdania
Rabu, 30 September 2015 10:02
Jokowi Malu Proses Izin Usaha di RI Kalah dari Malaysia
Prosedur pemberian izin usaha di tanah air terlalu berbelit-belit.

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku malu karena lamanya waktu yang dibutuhkan untuk memulai usaha di Indonesia. Saat ini, Indonesia masih berada di posisi 6 di ASEAN. Jokowi mengatakan prosedur memperoleh izin usaha di Indonesia terlalu berbelit-belit.

" Prosedur yang harus dilalui untuk memulai sebuah usaha di Indonesia, masih 10 prosedur, sementara Singapura, Malaysia hanya 3 prosedur. Berarti 70% harus hilang," ungkap Jokowi di hadapan para menteri perekonomian dalam rapat terkait investasi asing di kantornya.

" Waktu yang dibutuhkan untuk memulai usaha, coba dicatat, malu kita ini, masih 52,5 hari, bandingkan dengan Singapura 2,5 hari, Malaysia 5,5 hari," tambahnya.

Seperti dikutip dari laman situs Sekretariat Kabinet, Rabu, 30 September 2015, Jokowi meminta para menteri bisa melakukan langkah konkret guna memperbaiki masalah perizinan usaha tersebut.

“ Perlu betul-betul langkah konkret yang bisa dampaknya dirasakan langsung oleh dunia usaha , investasi, masyarakat yang ingin memulai sebuah usaha,” tegasnya.

Beri Komentar