Respon Travel Halal Diminta Transaksi di Bank Syariah

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 24 November 2016 10:14
Respon Travel Halal Diminta Transaksi di Bank Syariah
Permintaan ini disampaikan oleh perbankan syariah. Bagaimana respons dunia usaha travel haji dan umrah?

Dream – Kalangan pelaku perbankan syariah meminta travel haji dan umrah untuk bertransaksi di bank syariah. Gayung bersambut dari para pengusaha travel haji dan umrah. 

Mereka menganggap langkah ini adalah salah satu cara untuk menggenjot pertumbuhan bank syariah di Indonesia. 

“ Ya, bagus bagus saja untuk menyemarakkan bank syariah,” kata Ketua Dewan Kehormatan Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah (Amphuri), Rinto Rahardjo, kepada Dream di Jakarta, lewat keterangan tertulis, ditulis Kamis 24 November 2016.

Rinto mengatakan usulan itu merupakan dukungan bagi bank syariah untuk menunjukkan bisnis travel haji dan umrah menjadi benar-benar syariah.

“ Sebagai bukti dukungan agar transaksinya benar-benar syar'i,” kata dia.

Rinto menambahkan Amphuri saat ini memang tengah menggalakkan wisata syariah. Salah satunya adalah mereka menggunakan asuransi perjalanan yang syariah.

“ Kami juga berjualan paket yang syariah dengan mengambil untung yang barokah, sedikit tapi berkah,” kata dia.

Sekadar informasi, Asosiasi Bank Syariah Indonesia (ASBISINDO) mengusulkan travel penyedia jasa haji dan umrah untuk bertransaksi lewat perbankan syariah. Ketua Bidang II Pengembangan Bisnis ASBISINDO, Iman T. Saptono, mengatakan potensi wisata religi ini menggiurkan. Setiap tahunnya ada 800 ribu orang-1 juta orang yang berangkat umrah.

“ Anggap nilai transaksi (per orang) Rp20 juta. Jadi, yang terlibat ada Rp20 triliun,” kata Imam di Jakarta, Senin 21 November 2016.  (Sah)

Beri Komentar