CONNECT WITH US!

Rumah Sakit di Bogor Ini Dibangun dari Dana Zakat

Reporter : Arie Dwi Budiawati | Senin, 2 Mei 2016 10:31
Zona Madina Dijadikan Contoh Pengelolaan Zakat Secara Terpadu (Sumber: Dompet Dhuafa)
Zona Madina pun menjadi contoh pengelolaan zakat secara terintegrasi.

Dream - Salah satu lembaga nirlaba, Dompet Dhuafa, mengembangkan kawasan pemberdayaan umat terpadu di Parung, Bogor, Jawa Barat. Kawasan ini bernama Zona Madina.

" Pada awalnya, kami menyatukan program-program Dompet Dhuafa, seperti program kesehatan dan sosial. Alhamdulillah, terbentuklah percontohan Zona Madina," kata Direktur Zona Madina, Herman Budianto, kepada wartawan dalam media gathering Dompet Dhuafa di Bogor, Jawa Barat, ditulis Senin 2 Mei 2016.

Herman mengatakan Zona Madina yang seluas 3,6 hektare ini, menjadi contoh pengelolaan zakat secara terpadu. Di kawasan ini, dibangun beberapa fasilitas seperti rumah sakit, Rumah Sehat Terpadu dan Masjid Al-Madinah.

Selain itu, mereka juga mengembangkan kampung wisata Jampang dan kampung Inggris " Jampang English Village" . Dompet Dhuafa pun juga memberdayakan masyarakat yang tinggal di sekitar Zona Madina dengan dana zakat, misalnya memberi permodalan bagi mereka untuk budi daya ikan.

" Ini, loh, yang kami bisa lakukan dengan dana zakat. Dana zakat juga bisa digunakan untuk pendidikan dan kesehatan," kata dia. (Ism) 

 

Pengakuan Ashanty Hampir Berpisah Dari Anang Hermansyah