Kilas Kejayaan Nokia Hingga `Akhir Hayat`

Reporter : Ismoko Widjaya
Kamis, 23 Oktober 2014 17:01
Kilas Kejayaan Nokia Hingga `Akhir Hayat`
Microsoft memutuskan memensiunkan Nokia sebagai merek Ponsel.

Dream - Kabar pilu menyapa salah satu pencipta sekaligus inisiator Telepon Seluler (Ponsel) dunia, Nokia. Pelayanan selama 62 tahun, harus berakhir pada tahun ini.

Microsoft yang mengambil alih Nokia memutuskan menghapus merek Nokia untuk selamanya. Merek baru Microsoft Lumia akan menggantikan Nokia.

Di era kejayaannya, Nokia adalah anak emas bagi Finlandia. Jutaan unit Ponsel yang dikirim ke dunia semakin menambah pundi-pundi pemasukan negara dari pajak. Sayang, masa-masa itu harus berakhir.

Inovasi terbaru dari Samsung dan Apple telah menggerogoti Nokia. Langkah-langkah penyelamatan yang dilakukan gagal mempertahankan tahta Nokia sebagai pemimpin pasar Ponsel dunia.

Menilik ke belakang, berikut adalah foto-foto perjalanan Nokia di era kejayaannya seperti dikutip Deam dari laman bbc.co.uk: (Ism) 

1 dari 7 halaman

Leluhur Nokia

1. Nokia Perintis

Nokia untuk pertama kalinya memperkenalkan perangkat telepon dalam mobil pada 1952. Bernama Mobira Senator, inilah telepon portabel pertama buatan Nokia.

Saking besarnya, Ponsel ini memiliki berat 10 Kg. Tak hanya itu, sang pemilik tak bisa membawanya terlalu jauh. (Ism)

2 dari 7 halaman

Nokia Cityman

2. Nokia Cityman

Ingatkan bentuk Ponsel ini. Dianggap lebih portabel dibandingkan pendahulunya, Nokia Cityman kini bisa digunakan untuk melakukan redial sekaligus mengatur nada dering. (Ism)

 

3 dari 7 halaman

Produksi Massal Perdana

3. Nokia yang pertama kali diproduk masal

Inilah produk Ponsel pertama buatan Nokia yang diproduksi secara massal. Nokia 1011 pertama kali diluncurkan ke pasar internasional pada 1992. Untuk pertama kalinya juga keluar istilah ponsel GSM. (Ism)

 

4 dari 7 halaman

Game Ular

4. Nokia mulai sematkan permainan

Para pemilik Nokia tentu ingat dengan permainan ular dalam Ponselnya. Ya, Nokia lewat produk seri 6110 membuat pemiliknya bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk memainkan permainan ini.

Ponsel Nokia 6110 dengan permainan ular ini pertama kali dijual pada 1997. (Ism)

 

5 dari 7 halaman

Nokia Makin Kecil

5. Nokia makin kecil

Sebelum munculnya phablet, Ponsel kecil dianggap keren. Nokia 8210 muncul dengan bentuk yang kecil dan cocok masuk kantong celana jeans.

Tak hanya itu, Nokia juga mulai mengenalkan produk yang lebih gaya ketika memasuki era milenium 1999. (Ism)

 

6 dari 7 halaman

Nokia Sematkan Kamera

6. Nokia dengan Kamera

Ponsel Nokia dengan fasilitas kamera pertama kali hadir pada produk seri 7650. Inilah produk pertama yang membuat pemiliknya bisa mengambil gambar.

Nokia bahkan mempromosikan produk teranyarnya ini lewat film Minority Report pada 2002. (Ism)

 

7 dari 7 halaman

Produk Terakhir

7. Nokia dengan Kamera 41 Megapixel

Dengan dukungan kamera berkemampuan 41 megapixel, Nokia Lumia 1020 diperkenalkan pertama kalinya pada Juni 201. Sayang, inilah produk terakhir yang masih menyematkan merek Nokia. (Ism)

Beri Komentar