Kisah Tom Liwafa 'Crazy Rich Surabaya', Dulunya Jualan Stiker Kini Kerajaan Bisnisnya Menggurita

Reporter : Alfi Salima Puteri
Rabu, 8 Desember 2021 10:42
Kisah Tom Liwafa 'Crazy Rich Surabaya', Dulunya Jualan Stiker Kini Kerajaan Bisnisnya Menggurita
Terkenal sebagai crazy rich Surabaya, Tom Liwafa memulai perjuangannya dari nol.

Dream - Nama Tom Liwafa sudah tidak asing di telinga para pebisnis tanah air. Crazy Rich Surabaya tersebut juga sempat viral karena ikut mengurus anak almarhumah Vanessa Angel, Gala Sky Andriansyah.

Sebelum Tom Liwafa mengasuh Gala, dirinya sudah terlebih dahulu viral lantaran membeli mobil Lamborghini milik Atta Halilintar secara cash. Tak disangka, dibalik kesuksesannya, Tom Liwafa juga berjuang dari nol. Tom pernah menjadi penjual stiker dan seorang penyanyi band metal.

Berikut kisah perjalanan hidup Tom Liwafa yang telah Dream rangkum dari berbagai sumber.

Tom merupakan pria kelahiran 1993 yang lahir di Mojokerto dari keluarga sederhana. Bahkan orang tuanya hanya bekerja serabutan untuk memenuhi kebutuhannya. Tom mengawali perjuangannya dengan berbagai macam pekerjaan yang pernah dilakoni. Bahkan Tom pernah tinggal di satu kamar kos yang ditempati tiga orang bersama kakaknya.

Tom Liwafa mengawali dirinya sebagai penjual stiker dan baju kaos untuk anak band. Namun usahanya tak berjalan mulus. Tak hanya itu ia pun juga pernah menjadi salah satu vokalis band metal.

1 dari 2 halaman

Kemudian ia memutuskan untuk merantau ke Jakarta dengan tujuan memperoleh cuan yang lebih banyak dan tentu saja memulai membangun relasi bisnisnya. Kemudian dia bertemu dengan istrinya, Delta Hesti yang saat ini juga dikenal sebagai pengusaha di bidang Fashion.

Mereka menikah dan akhirnya memutuskan untuk memulai bisnis bersama dari nol. Istrinya, yang saat itu merupakan admin sales dari salah satu toko online akhirnya resign dan fokus merintis bisnis fashion mereka.

Inilah yang menjadi awal mula bisnis fashion Tom Liwafa. Dengan memanfaatkan alat jahit milik ayahnya yang biasa dibuat tas wanita, ia pun menjajal bisnis fashion wanita seperti sepatu, sandal dan tas yang diproduksinya sendiri bersama istrinya.

2 dari 2 halaman

Kini Tom Liwafa dan semua timnya mampu memproduksi 6000 hingga 7000 produk fashion wanita dalam sehari. Produk itupun didistribusikan ke sejumlah UMKM di wilayah Mojokerto, Tanggulangin, Bojonegoro, Nganjuk dan Lamongan.

Salah satu bisnis yang banyak dikenal adalah bisnis grosir tas dan sepatu, yakni Handmadeshoesby dan Delvationstore di Surabaya.

Berbekal relasi yang luas, Tom Liwafa berhasil meraup banyak pesanan hingga capai keuntungan miliaran rupiah. Tom memiliki 12 lini usaha bisnis di berbagai bidang, di antaranya di bidang fashion, food and beverage dan entertainment.

Kini dirinya memiliki semua hal yang dia inginkan, rumah mewah, mobil mahal dan juga dinobatkan sebagai Crazy Rich Surabaya.

Tom juga kerap membagikan sembako untuk menolong sesama. Selain berbisnis, ia juga seorang mentor dibidang enterpreneur dan digital marketing.

Beri Komentar