“Kiyuris”, “Kiris” atau “Kris”, Bagaimana Mengucapkan QRIS yang Benar?

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Kamis, 17 November 2022 14:47
“Kiyuris”, “Kiris” atau “Kris”, Bagaimana Mengucapkan QRIS yang Benar?
Pengucapan QRIS setiap orang berbeda-beda, berikut penjelasannya.

Dream – Transaksi digital belakangan banyak dilakukan masyarakat saat berbelanja. Para pelaku usaha juga memfasilitasi tren perubahan itu dengan menyediakan layanan pembayaran melalui fasiitas QRIS.

Hadirnya teknologi pembayaran QRIS ini telah mengubah proses transaksi menjadi praktis karena pembeli cukup menggunakan ponselnya untuk membayar barang atau jasa yang digunakan. Mereka juga lebih merasa aman karena tak perlu membawa uang banyak.

QRIS adalah metode pembayaran yang dikembangkan oleh Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) dan Bank Indonesia (BI). Hadirnya QRIS mendapat respons positif dari masyarakat terutama di masa pandemi lalu. Dibuktikan sejak tahun 2021 sudah ada 12 juta merchant yang terdaftar dan semakin mengalami peningkatan.

Meski begitu, masyarakat yang sudah mengenal QRIS masih kebingungan dengan bagaimana cara pengucapan QRIS yang benar. Apakah dibaca “ Kiris”, “ Kiyuris”, atau “ Kris”? Setiap orang pun memiliki pengucapan yang berbeda-beda.

Nah, agar lebih jelas tentang bagaimana cara mengucapkan QRIS yang benar serta mengenal QRIS secara lebih dekat, berikut sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Apa Itu QRIS?

Pengertian QRIS© Unsplash.com

Seperti dikutip dari qris.id, Quick Response Code Indonesian Standard atau disingkat QRIS adalah standar kode QR Nasional untuk memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia yang diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019.

Dengan adanya QRIS ini, maka seluruh aplikasi pembayaran yang berasal dari mana pun, baik itu dari bank dan non-bank yang digunakan oleh masyarakat bisa digunakan di seluruh toko, warung, donasi yang berlogo QRIS, mall, swalayan, tiket wisata, hingga parkir.

Penggunaan QRIS ini pun semakin populer di tengah masyarakat karena berbagai keuntungan yang ditawarkan. Penggunaan QRIS bisa menyatukan berbagai macam QR dari berbagai penyelenggara jasa agar proses transaksi yang dijalankan menjadi lebih praktis dan terpusat.

2 dari 3 halaman

Manfaat Menggunakan QRIS bagi Konsumen dan Penjual

Adanya QRIS tidak hanya memberikan manfaat bagi para pelaku usaha saja, tetapi juga kepada konsumen. Apa saya manfaat tersebut? Berikut penjelasannya untuk sahabat Dream.

Manfaat QRIS untuk Konsumen

Praktis dan Cepat

Konsumen yang menggunakan QRIS akan merasakan proses transaksi yang lebih praktis dan cepat jika dibandingkan dengan tunai. Di mana sahabat Dream hanya perlu memindai QR code dari smartphone kamu yang diintergrasikan dengan aplikasi pembayaran yang telah dipilih.

Banyak Metode Pembayarannya

Manfaat yang kedua adalah banyak pilihan metode pembayarannya. Nah, saat sahabat Dream hendak membayar tidak perlu khawatir karena ada banyak metode pembayaran yang bisa kamu pilih.

Manfaat QRIS bagi Penjual

Mudah dalam Pendaftaran

Bagi para pelaku usaha atau penjual, cara mendaftar QRIS sangatlah mudah. Hanya dengan mendaftar QRIS, maka toko kamu sudah bisa melakukan transaksi dari bank maupun e-wallet mana saja. Mudah sekali bukan?

Lebih Praktis

Manfaat yang kedua bagi penjual adalah dari sisi kepraktisan. Hanya dengan menggunakan satu QR code, maka sudah bisa menerima pembayaran dari mana saja. Kamu juga tidak perlu repot-repot untuk menyediakan uang kembalian seperti saat melakukan transaksi tunai.

Keamanan Lebih Terjamin

Jika sahabat Dream menggunakan QRIS, maka keamanannya akan sangat terjamin. Hal ini karena pembayarannya hampir sama dengan transfer saldo antar rekening. Saat bertransaksi, penggunanya harus melakukan input PIN untuk verifikasi.

Jika ditemukan transaksi yang mencurigakan, kamu bisa langsung mengecek dan melaporkannya ke penyedia jasa. Bahkan hebatnya lagi, penggunaan QRIS bisa meminimalisir keberadaan uang palsu.

3 dari 3 halaman

Bagaimana Mengucapkan QRIS yang Benar?

Setelah mengetahui apa itu QRIS dan manfaatnya bagi penjual dan konsumen, sahabat Dream juga perlu mengetahui bagaimana pengucapan QRIS yang benar. Hal ini karena pengucapan QRIS setiap orang berbeda-beda. Ada yang mengucakan “ Kiris”, “ Kiyuris”, dan “ Kris”. Jadi, mana yang benar nih?

Sebelumnya telah dijelaskan, QRIS sendiri adalah singkatan yang berbahasa Inggris. Bahkan singkatan tersebut juga belum diindonesiakan.

Menurut Dosen Program Studi Sastra Indonesia FIB UNS, Chattra Sigit Widyastuti, jika QRIS dilafalkan sebagai akronim, kemungkinannya dibaca “ kyuris”. Tapi jika dianggap sebagai singkatan, maka dibacanya menjadi “ kyu-ar-ai-es”.

Sedangkan dari kanal YouTube Bank Indonesia yang berjudul “ QRIS: Satu QR, Semua Bisa Bayar”, dalam video tersebut berisi tentang sosialisasi penggunaan QRIS. Dan dalam pengucapannya pun, QRIS disebutkan dengan lafal “ Kris”.

Beri Komentar