Keuangan Amburadul, Segera Perbaiki dengan 4 Cara Ini

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 5 Desember 2018 09:43
Keuangan Amburadul, Segera Perbaiki dengan 4 Cara Ini
Setiap orang pernah berbuat kesalahan dalam finansial, misalnya telat bayar tagihan.

Dream – Sahabat Dream, apakah kamu pernah lupa membayar tagihan atau mengeluarkan uang secara berlebihan? Atau pernah tidak menabung dan menunda tugas penting dalam finansial?

Tak apa. Setiap orang pernah melakukan kesalahan dalam mengatur keuangan.

Dikutip dari Merdeka.com, Rabu 5 Desember 2018, hal yang harus dilakukan ketika berbuat kesalahan uang adalah memahami itu bukan akhir dari segalanya. Ingatkan, pakar keuangan sekalipun bisa melakukan kesalahan.

Perencana keuangan bersertifikat, Eric Roberge, berbagi saran apa yang harus dilakukan ketika Anda membuat kesalahan keuangan, diberitakan Business Insider.

Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

Kamu jangan menyalahkan diri sendiri. Terimalah kesalahan yang baru saja dilakukan. Roberge mengatakan semakin lama kesalahan diratapi, situasi akan semakin buruk.

Mengambil Tanggung Jawab

Mengakui kesalahan adalah bagian tersulit yang harus dijalani. Sebagian orang justru memilih untuk melepaskannya.

Tapi, kamu akan memiliki kekuatan khusus kalau bertanggung jawab terhadap suatu kesalahan. Tak hal itu akan menjadi pelajaran untuk tak mengulangi kesalahan yang sama dan menjadi sukses finansial dengan membuat pilihan yang lebih baik.

1 dari 1 halaman

Jangan Lupa Komitmen dan Action

Berkomitmen

Kalau berbuat salah serta mau mengakui dan bertanggung jawab, langkah selanjutnya adalah berkomitmen untuk belajar dari apa yang terjadi dan mencegah diri untuk berbuat kesalahan yang sama.

Tidak pernah ada kata terlambat untuk kembali ke jalur, atau mulai membuat kemajuan menuju kesuksesan finansial seperti yang diinginkan. Sekali lagi, tidak ada gunanya merenungkan masa lalu. Satu-satunya hal yang penting adalah komitmen melangkah yang tepat.

Mulai Bertindak

Ini adalah tantangan utama yang harus dihadapi. Kamu harus bersiap beralih dari kesalahan keuangan dan membuat pilihan keuangan yang lebih baik pada masa depan.

Kamu mungkin sangat termotivasi untuk berhasil. Kalau tak ada kejelasan untuk mengetahui apa yang harus dilakukan, bagaimana melakukannya, atau apa yang harus difokuskan, kesalahan yang sama bisa diperbuat.(Sah)

Beri Komentar