Lima Hal Menakjubkan Jika Anda Berhenti Belanja Berlebihan

Reporter : Ramdania
Rabu, 2 Desember 2015 09:41
Lima Hal Menakjubkan Jika Anda Berhenti Belanja Berlebihan
Banyak hal yang bisa berubah dengan sedikit menahan hasrat berbelanja.

Dream - Pernahkah Anda berjalan dari toko satu ke toko lain untuk menemukan item tertentu? Namun berakhir dengan menghabiskan terlalu banyak uang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak Anda butuhkan?

Kemudian, Anda mencoba untuk menyembunyikan pembelian-pembelian tersebut dari pasangan.

Berikutnya, Anda mencoba untuk mengembalikan barang-barang yang sudah dibeli, namun mendapati kenyataan bahwa beberapa toko mengadopsi kebijakan kejam 'barang yang sudah dibeli tidak bisa ditukar atau dikembalikan'?

Ya, kita semua pernah menjadi korban nafsu tak terpuaskan kita sendiri untuk hal-hal yang sebenarnya tidak perlu tapi saat itu tampak seperti sebuah kebutuhan.

Seperti dikutip dari Lifehack, Rabu, 2 Desember 2015, berikut adalah 5 hal-hal menakjubkan yang akan terjadi ketika Anda berhenti belanja berlebihan atau impulse buying: 

1. Hubungan dalam Rumah Tangga Menjadi Lebih Baik

Berhenti belanja berlebihan berdampak pada hubungan dengan pasangan yang lebih baik. Stres berkurang dan Anda lebih banyak punya waktu bersama keluarga daripada menghabiskan waktu berlama-lama untuk berbelanja.

Berhenti belanja berlebihan akan memberikan dampak yang lebih baik dalam kehidupan rumah tangga Anda.

2. Punya Lebih Banyak Uang untuk Ditabung

Semua orang pasti ingin memiliki perasaan aman dan nyaman secara finansial. Namun, memiliki kontrol keuangan yang lebih baik adalah sebuah proses. Tujuannya adalah untuk menjaga kebiasaan belanja Anda menjadi terkontrol, sehingga Anda punya lebih banyak uang untuk ditabung.

Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa harus menyimpan uang ketika punya lebih untuk dibelanjakan. Menabung akan memungkinkan Anda untuk mencapai tujuan yang diinginkan dalam hidup dan menjaga dari keadaan darurat keuangan yang bisa datang tiba-tiba.

3. Punya Lebih Banyak Uang untuk Diinvestasikan

Anda mungkin tidak cukup siap untuk berinvestasi di saham, obligasi, atau bahkan reksadana; Namun, Anda memiliki pilihan investasi lain seperti pendidikan, bisnis, atau real estate. Investasi dalam diri Anda kadang-kadang dapat menjadi investasi terbaik yang pernah Anda buat. Investasi dalam pendidikan tidak harus menjadi sarjana atau profesor.

Anda juga dapat berinvestasi dalam pendidikan dengan menghadiri seminar, workshop, membaca buku, dan berpartisipasi dalam webinar. Investasi dalam bisnis bisa sesederhana mengubah hobi Anda menjadi bisnis kecil.

4. Menjadi Orang yang Lebih Menghargai Hidup

Ketika berhenti memboroskan uang dengan membeli barang-barang yang tidak perlu, Anda akan belajar lebih menghargai hal-hal yang tidak bisa diperoleh dengan uang. Kebahagiaan tidak selalu bisa diukur dengan uang.

Ada begitu banyak hal indah dalam hidup yang gratis. Bagaimana dengan pergi pantai? Piknik keluarga ke pantai atau taman kota adalah hal indah yang bisa didapat secara gratis. Ada banyak udara segar serta ruang untuk berjalan dan bermain. Kegiatan seperti itu akan membangun hubungan keluarga yang harmonis dan Anda tidak perlu membeli apa-apa.

5. Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Menjadi orang yang tidak boros dengan uang akan menjadikan Anda pribadi yang lebih baik. Anda akan melihat kehidupan dan diri Anda dalam suasana yang santai dan penuh kedamaian. Anda tidak akan lagi dibelenggu oleh godaan menghamburkan uang untuk hal-hal yang tidak perlu.

Stres berkurang karena Anda tidak lagi harus bekerja keras (dua shift dan lembur) untuk menebus semua hal tidak perlu yang selama ini Anda inginkan. Anda juga tidak perlu lagi menyembunyikan kebiasaan belanja buruk dan risiko membahayakan hubungan Anda. Banyak orang yang meminjam uang dari satu orang ke orang lain dan akhirnya terjebak utang sehingga merusak hubungan. (Ism)

Beri Komentar