Hati-hati, Uang Bisa Habis Cuma Karena Bosan

Reporter : Ramdania
Selasa, 17 November 2015 06:31
Hati-hati, Uang Bisa Habis Cuma Karena Bosan
Ketika bosan, godaan belanja online sangat besar. Tepis godaan itu dan cari hiburan yang tidak perlu mengeluarkan biaya.

Dream - Percayakah Anda bahwa kebosanan akan membuat seseorang kehilangan banyak uangnya.

Coba perhatikan: Apakah Anda sering berjalan-jalan di pusat perbelanjaan tanpa tujuan setelah bekerja? Apakah Anda membunuh waktu di rumah dengan belanja online? Ketika kegiatan ini menjadi kebiasaan karena Anda 'bosan', Anda mungkin telah mengeluarkan banyak uang setiap bulan. Semua ini pada akhirnya akan menguras dompet Anda.

Untuk itu, carilah beberapa hiburan yang tidak memerlukan uang - atau sedikit uang. Mungkin dengan menghindari membeli camilan dan makanan berlebihan untuk mengisi waktu luang. Atau tidak perlu membuang-buang uang untuk kegiatan yang tidak produktif dan pembelian yang tidak perlu.

Jadi bagaimana Anda bisa mengekang kebiasaan buruk tersebut? Seperti dikutip dari Gulf News, Sabtu, 14 November 2015, berikut adalah beberapa langkah untuk memulainya.

1. Selalu punya rencana

Keinginan untuk mengisi waktu bebas dengan aktivitas tidak produktif adalah motif terbesar di balik perilaku ini. Jika Anda tidak memiliki rencana untuk setelah bekerja atau di akhir pekan, Anda akan lebih mudah untuk tergelincir ke dalam kebosanan. Orang-orang yang memiliki rencana dengan rutinitas dan kegiatan produktif cenderung tetap bisa berjalan di jalur yang benar.

Sebenarnya banyak kegiatan positif dan produktif yang bisa dilakukan sehabis bekerja. Mulai dari menghadiri kursus, pergi ke gym, bertemu teman, membaca buku dan sebagainya. Beberapa kegiatan ini mungkin butuh biaya, tetapi biaya itu bahkan tidak sebanding dengan apa yang akan bayarkan jika melakukan kegiatan tak tentu arah setiap malam.

2. Hindari gelap mata saat belanja

Kalau perlu buat aturan 24 jam: Jika Anda melihat sesuatu yang Anda sukai saat ini, Anda membelinya besok. Mungkin Anda melihat tawaran menarik dari toko online yang berakhir hari ini. Jangan buru-buru untuk membelinya. Siapa tahu, tawaran seperti itu akan datang lagi suatu saat nanti. Jadi jangan bergegas untuk membeli sesuatu sekarang hanya karena tampak murah. Aturan ini juga akan membantu Anda melakukan pertimbangan jika Anda benar-benar harus membelinya.

3. Carilah alasan yang tepat

Kebosanan mungkin bukan satu-satunya penyebab tindakan Anda. Anda mungkin memilih untuk makan di luar karena masakan Anda mengecewakan atau karena Anda terlalu lelah sehingga tidak mau repot memasak. Jika alasannya karena takut masakan tidak enak, ada banyak resep yang bisa diambil dari internet. Pasangkan kebiasaan ini dengan beberapa makanan yang sudah disimpan dalam freezer, dan Anda mungkin sudah mendapat cukup makan malam untuk seluruh pekan.

Tetapi ada banyak situasi di mana ketika Anda mengetahui penyebabnya, Anda menemukan solusi yang masuk akal. Anda hanya perlu jujur, dan menjauh dari pemikiran tidak berdaya atau tidak bisa.

Beri Komentar