3 Kebiasaan `Jajan` yang Gerogoti Uang Anda

Reporter : Syahid Latif
Rabu, 4 November 2015 08:02
3 Kebiasaan `Jajan` yang Gerogoti Uang Anda
Padahal jika Anda sadar, uang yang dihabiskan bisa membuat kaya

Dream - Tahukah Anda kebiasaan 'ngopi' bisa menggerus keuangan. Meski dana yang dikeluarkan untuk urusan 'ngopi' ini kecil, tetapi jika dilakukan terus-menerus dan menjadi kebiasaan, maka Anda akan menemukan jumlah pengeluaran yang fantastis jika ditotal untuk beberapa waktu tertentu.

David Bach, penulis The Automatic Millionaire, menyebut kebiasaan menggerus keuangan itu sebagai The Latte Factor.

" The Latte Factor didasarkan pada gagasan sederhana bahwa semua yang perlu Anda lakukan untuk menjadi kaya adalah mengerem pembelian kecil setiap hari dan mencari cara apakah Anda bisa mengarahkan pengeluaran itu untuk masa depan," Bach menjelaskan di situsnya seperti dikutip Dream dari laman cheatsheet.com, Rabu, 4 November 2015.

" Alih-alih menghabiskan uang untuk pembelian kecil seperti kopi latte, air mineral, makanan cepat saji, rokok, majalah dan sebagainya, Anda sebaiknya mengalokasikannya per hari untuk masa depan yang lebih baik. Hal ini akan membuat perbedaan antara menjadi kaya dan hidup begitu-begitu saja."

Menggunakan kalkulator The Latte Factor, Anda akan mendapat gambaran bagaimana tiga pengeluaran kecil akan menggerogoti keuangan dalam jangka panjang.

1. Kopi

The Latte Factor menganggap kebiasaan 'ngopi' di pagi hari juga termasuk yang menggerus keuangan dalam jangka panjang. Misalnya, setiap hari Anda mengeluarkan US$ 5 untuk gula dan kopi, maka sama saja Anda menghabiskan uang US$ 1.825 setiap tahun.

Namun, jika Anda menggunakan uang itu untuk investasi dengan tingkat bunga tahunan 5% persen Anda akan mendapat imbal hasil US$ 1,916.25 setelah hanya satu tahun. Dengan asumsi imbal hasil yang sama lebih dari 30 tahun, Anda bisa meningkatkan kekayaan menjadi US$ 127,313.44 hanya dengan menghabiskan US$ 5 setiap hari.

Tentu saja, imbal hasil Anda berfluktuasi setiap tahun, tetapi intinya adalah untuk menyadari bagaimana perubahan kecil dalam pengeluaran dapat memengaruhi keuangan secara signifikan dari waktu ke waktu.

2. Makan di luar

Berkunjung restoran praktis menjadi hobi di Amerika Serikat. Warga AS suka makan dan mencintai kenyamanan. Maka menjadi masuk akal ketika warga AS suka makan makanan yang tidak perlu mereka persiapkan sendiri.

Menurut survei Visa, orang Amerika pergi keluar untuk makan siang rata-rata hampir dua kali seminggu dan menghabiskan US$ 10 setiap kali makan. Lebih parah lagi, orang Amerika dengan pendapatan kurang dari US$ 25.000 per tahun menghabiskan US$ 11,70 setiap kali keluar untuk makan.

Berapa jumlah pemborosannya? Jika Anda mengalihkan belanja makan di luar US$ 20 per minggu ke dalam investasi produktif 5 persen per tahun, Anda bisa memiliki US$ 13,735.06 dalam 10 tahun, US$ 36,108.02 dalam 20 tahun, atau US$ 72,551.22 dalam 30 tahun. Bahkan jika Anda tidak makan keluar, kemungkinan besar Anda bisa menghemat uang untuk belanja bahan makanan.

Sebuah survei terbaru dari TNS Global menemukan 76 persen rumah tangga di Amerika mengatakan mereka membuang sisa makanan setidaknya sebulan sekali, sementara 53% setiap minggu. Bahkan, lebih dari setengah mengakui membuang makanan yang mereka beli tapi tidak pernah digunakan.

3. Langganan TV

Tidak ada yang mampu menyita waktu orang sibuk seperti televisi. Menurut Departemen Tenaga Kerja, orang Amerika menonton televisi rata-rata hampir tiga jam setiap hari, yang merupakan lebih dari setengah kegiatan rekreasi. Orang Amerika membayar mahal untuk layanan ini. Biaya rata-rata layanan TV kabel dasar telah meningkat 6,1% per tahun sejak tahun 1995, sedangkan tagihan DirectTV rata-rata adalah US$ 107. The NPD Group percaya biaya langganan TV bisa mencapai US$ 200 pada tahun 2020.

Rumah tangga Amerika rata-rata sekarang menerima 189 saluran televisi, yang merupakan rekor tertinggi dan naik dari 129 saluran pada tahun 2008, menurut Nielsen. Sebagian besar saluran adalah sampah, tetapi jika Anda menurunkan langganan Anda atau mencari alternatif seperti Netflix, Anda dapat menyesuaikan masa depan keuangan Anda.

Pemotongan tagihan bulanan hanya US$ 20 dapat menghasilkan kekayaan US$ 5,437.80 dalam 15 tahun ketika diinvestasikan dengan tingkat bunga tahunan 5 persen. Setelah 20 tahun, kekayaan Anda bisa mencapai US$ 8,332.62. (Ism) 

Beri Komentar