Makin Mudah, Investasi Emas Kini Bisa Lewat Marketplace

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Senin, 8 November 2021 14:34
Makin Mudah, Investasi Emas Kini Bisa Lewat Marketplace
Menabung emas secara digital kini menjadi tren di kalangan masyarakat.

Dream - Investasi emas kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup kaum muda. Sementara kehadiran marketplace semakin mempermudah masyarakat berinvestasi.

Beranjak dari hal tersebut, PT Pegadaian menggandeng startup pemesanan tiket dan hotel Traveloka meluncurkan fitur Tabungan Emas. Melalui fitur tersebut, pengguna bisa berinvestasi emas tanpa perlu datang ke cabang Pegadaian.

" Kami melihat tren positif untuk menabung emas secara digital karena kemudahan akses serta keamanan yang diberikan," ujar Senior Vice President Divisi Produk Emas PT Pegadaian, Luh Putu Andarini, dalam keterangan tertulis, Senin 8 November 2021.

Putu mengatakan jumlah nasabah aktif Tabungan Emas Pegadaian tumbuh 36 persen secara year-on-year (yoy) sepanjang 2020. Sementara bermitra dengan Traveloka, kata dia, membantu meningkatkan daya saing melalui transformasi digital.

" Kolaborasi ini sejalan dengan fokus perusahaan kami untuk bisa memperluas akses layanan digital investasi emas yang terpercaya kepada masyarakat dan khususnya yang menyasar pada milenial," sambung Putu.

1 dari 5 halaman

VP Marketing Financial Services & Transport Traveloka, Andhini Putri, mengungkapkan alasan pihaknya menyediakan wadah Tabungan Emas Pegadaian. Menurut dia, pemanfaatan teknologi dapat memperluas akses masyarakat terhadap investasi. 

" Hal ini lah yang mendasari kami untuk bermitra dengan PT Pegadaian yang merupakan lembaga keuangan terpercaya dan berlisensi untuk melengkapi portofolio produk finansial melalui Tabungan Emas Pegadaian di Traveloka," kata Andhini.

Dia berharap keberadaan fitur tersebut tidak hanya memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhannya. Lebih dari itu, mendorong literasi dan inklusi keuangan masyarakat. 

Traveloka dan Pegadaian memberikan kemudahan akses bagi masyarakat untuk menabung, membeli, dan menjual emas secara digital di mana saja dan kapan saja. Tabungan Emas Pegadaian dapat diakses melalui aplikasi Traveloka versi terbaru, v3.40.0, pada kategori produk Finansial bagian “ Emas/Gold”.

2 dari 5 halaman

Cocok bagi Pemula, Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui tentang Investasi Emas

Dream - Di tengah kondisi perekonomian yang masih simpang siur, mau tak mau membuat semua orang harus memutar otak untuk menghadapi keseharian. Salah satunya adalah dengan berinvestasi.

Investasi adalah cara ideal yang bisa dilakukan dalam rangka memberikan kepastian kondisi keuangan. Meski begitu, banyak orang yang nggak melakukan investasi lantaran mengalami kesulitan dalam menjalankan prosesnya.

Di sisi lain, emas menjadi sarana investasi yang dipilih banyak orang. Hal ini dikarenakan emas dinilai memiliki value yang stabil sekaligus cenderung punya konsep sama seperti menabung.

Apakah kamu salah satu orang yang berminat untuk melakukan investasi emas, Sahabat Dream? Sebelum kamu memutuskannya, yuk intip apa saja beberapa yang perlu diketahui.

 

 

3 dari 5 halaman

Salah Satu Metode Investasi Tertua di Dunia

Sudah menjadi rahasia umum jika emas adalah logam mulia yang menjadi alat tukar. Nggak cuma alat tukar, emas juga menjadi harta rampasan perang.

Istilah gold, glory, gospel yang menggema di era peperangan masa lalu pun menjadi indikator jika emas sudah memiliki nilai tinggi sejak dulu. Selain menjadi alat tukar, emas juga menjadi investasi di masa lalu dengan cara sederhana yaitu ditimbun dalam kotak besi.

Salah Kaprah soal Investasi Emas

Apakah investasi emas bisa dilakukan dengan membeli perhiasan sesuai kemampuan? Pertanyaan ini sering muncul bagi beberapa orang yang ingin memulai berinvestasi.

Investasi emas bukan sekadar membeli perhiasan. Memang benar jika perhiasan emas juga punya valuasi yang bisa dijual kembali. Namun hal ini nggak bisa dijadikan acuan berinvestasi lantaran perhiasan sudah masuk ranah emas yang telah diolah.

Investasi emas yang ideal adalah dengan membeli secara murni dalam bentuk batangan, koin, atau yang lainnya. Nggak cuma itu, kadar karat yang dimiliki adalah mencapai 99,99% yang dibuktikan dengan sertifikat keasliannya.

Harga Emas bisa Naik Dua Kali Sehari

Bagi yang sudah pernah melakukan investasi emas, tentunya sudah nggak asing dengan valuasi logam mulia ini yang bisa berubah harga dua kali dalam sehari. Seperti tahun 2020 lalu ketika emas antam yang tengah digandrungi mengalami kenaikan harga dua kali di hari yang sama.

Faktanya, hal ini bisa terjadi karena faktor demand and supply yang mempengaruhi. Bahkan hal ini sudah terjadi sejak era perang dunia pertama ketika beberapa bank dunia menetapkan harga emas pada jam 10.30 dan 15.00.

 

 

4 dari 5 halaman

Kelebihan Investasi Emas

Dikenal sejak era terdahulu menjadi bukti jika emas memiliki kelebihan ketika digunakan sebagai sarana investasi yang tepat. Yuk intip kelebihan dalam investasi emas.

  • Mudah dicairkan
  • Rendah risiko
  • Bisa dilakukan secara online di e-Commerce
  • Bisa dijadikan jaminan
  • Bebas pajak
  • Harga emas yang stabil dan cenderung naik dari tahun ke tahun.

 

5 dari 5 halaman

Kekurangan Investasi Emas

Meski menjadi favorit banyak orang sebagai sarana investasi, emas tetap memiliki risiko. Meski nggak sebanyak kelebihan, namun kekurangan ini perlu diperhatikan biar investor nggak mengalami kerugian.

  • Risiko kehilangan
  • Merupakan metode investasi jangka panjang
  • Berdampak kecil terhadap ekonomi riil
  • Harga yang lambat

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, emas adalah produk investasi yang tepat bagi pemula. Jadi jika kamu ingin memulai berinvestasi, nggak ada salahnya untuk menjadikan emas sebagai awalan.

Kini juga telah banyak tersedia investasi emas yang bisa dilakukan via e-Commerce bahkan dengan nominal uang yang minim. Selamat mencoba, Sahabat Dream!

Beri Komentar