Pandemi Covid-19, Banyak Warga Gadaikan Emas

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 4 Mei 2020 15:31
Pandemi Covid-19, Banyak Warga Gadaikan Emas
Masyarakat bisa menggadai emasnya di bank syariah ini.

Dream – PT Bank Mandiri Syariah membuka pintu bagi masyarakat untuk mendapatkan pendanaan mendesak karena pandemi corona. Bank syariah ini menawarkan produk Gadai Emas Berkah.

“ Tak dapat dipungkiri Pandemi Covid-19 ini cukup berat bagi kita semua. Banyak di antara kita yang membutuhkan dana mendesak untuk menutupi kebutuhan rumah tangga, pengobatan, pendidikan, dan lain-lain,” kata Senior Executive Vice President Mandiri Syariah, Wawan Setiawan, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis Senin 4 Mei 2020.

Untuk kebutuhan dana itu, masyarakat dapat mengakses layanan di outlet Mandiri Syariah yang memiliki Layanan Gadai Emas di seluruh Indonesia.

Group Head Pawning Mandiri Syariah, Dewa Bagus Ivan Baruna, menambahkan hingga Maret 2020 omzet Gadai Emas naik 11,26 persen dari Rp741,1 miliar per Februari 2020 menjadi Rp824,6 miliar per Maret 2020.

Gadai Emas Mandiri Syariah menawarkan kemudahan proses, kecepatan layanan, biaya ujroh atau biaya titip yang ringan dan tempat penyimpanan emas yang aman, juga memberikan taksiran harga emas yang tinggi dan layanan yang nyaman.

“ Bahkan saat ini nasabah dapat melakukan perpanjangan otomatis melalui Mandiri Syariah Mobile dengan syarat saldonya tersedia. Tentunya hal ini sesuai dengan imbauan Pemerintah untuk tetap #dirumahsaja,” kata Ivan.

1 dari 5 halaman

Cicil Emas Juga Naik

Selain Gadai Emas, Mandiri Syariah juga mencatatkan kenaikan omzet Cicil Emas sebesar 34,68 persen sehingga secara keseluruhan omzet Gadai Emas dan Cicil Emas tumbuh 12,54 persen dari Rp783,8 miliar per Februari 2020 menjadi Rp882,1 miliar per Maret 2020.

Menyasar segmen wiraswasta, ibu rumah tangga, karyawan dan masyarakat umum, Mandiri Syariah gencar melakukan berbagai program promo untuk Gadai Emas dan Cicil Emas. Misalnya, Gadai Optima yaitu penambahan (Top Up) bagi nasabah yang membutuhkan dana tambahan dari emas nya yang masih tergadai. Kemudian program Super Ujroh Ramadan (Sajadah) yang berlangsung selama periode 01 April-30 Juni 2020. Program Pelunasan Haji Reguler Berbasis Emas yaitu program penawaran cicil emas kepada nasabah yang sudah mendapatkan prosi haji reguler dengan tujuan sebagai persiapan pelunasan Ongkos Naik Haji (ONH) dalam bentuk emas/logam mulia.

Sementara itu Corporate Secretary Mandiri Syariah Ahmad Reza mengatakan hingga saat ini Gadai Emas Berkah dan Cicil Emas Berkah termasuk produk ritel Mandiri Syariah yang cukup diminati masyarakat.

Reza mengatakan Cicil Emas Mandiri Syariah akan membantu nasabah membiayai pembelian atau kepemilikan emas berupa lantakan. Pembiayaan minimal 10 gram dengan jangka waktu paling singkat satu tahun dan paling lama lima tahun.

“ Harga emas yang cukup tinggi saat ini tidak menyurutkan masyarakat dalam berinvestasi emas. Harga emas yang cenderung naik dari tahun ke tahun dan cukup likuid karena mudah diperjualbelikan justru semakin meningkatkan animo masyarakat dalam menyicil emas,” kata dia. 

2 dari 5 halaman

Cegah Corona, Mandiri Syariah Permudah Nasabah Lunasi Biaya Haji 2020

Dream – PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) mempermudah nasabah untuk melunasi Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH) tahun 2020 tahap 1 yang berlangsung pada periode 19 Maret-17 April 2020. Nasabah bisa melunasi haji melalui Mandiri Syariah Mobile Banking dan Mandiri Syariah Netbanking.

‘’Layanan digital tersebut akan memudahkan nasabah terutama dalam kondisi potensi penyebaran virus Covid-19 yang saat ini melanda Indonesia,” kata Direktur Mandiri Syariah, Anton Sukarna, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Kamis 19 Maret 2020.

Anton mengatakan nasabah tak perlu datang ke kantor dan mengantre di teller untuk melunasi haji. Dengan layanan digital, nasabah bisa lebih mudah, cepat, nyaman, dan fleksibel secara waktu.

’Selanjutnya, nasabah harus menyerahkan bukti pelunasan ke Kemenag dengan membawa persyaratan diantaranya resi pelunasan Bank dan 10 lembar pas foto 3x4 background putih, 80 persen wajah yang diperlukan,” kata dia.

 

 © Dream

 

Peluasan Diperkirakan Akan Meningkat

Total jamaah haji yang terdaftar melalui Mandiri Syariah dan berhak lunas untuk berangkat tahun ini lebih dari 80 ribu. Jumlah tersebut sekitar 40 persen dari total jamaah haji Indonesia tahun 2020 yang berjumlah lebih dari 203 ribu.

Dari sekitar 80 ribu yang berhak lunas tahun ini, Mandiri Syariah memperkirakan pelunasan melalui layanan digital akan meningkat dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 13 persen.

Corporate Secretary Mandiri Syariah Ahmad Reza menambahkan layanan digital juga akan memudahkan nasabah yang tinggal di daerah yang letaknya jauh dari outlet Mandiri Syariah.

Selain untuk pelunasan BPIH, superaps Mandiri Syariah Mobile bisa digunakan pembukaan rekening online, transaksi keuangan dengan berbagai ecommerce, pembayaran zakat, sedekah, wakaf, kurban hingga akikah. Sekaligus beribadah melalui kemudahan mendapatkan jadwal sholat, arah kiblat, lokasi masjid, juz amma, kutipan hadis, dll.

" Hingga Februari 2020 jumlah pengguna layanan digital Mandiri Syariah termasuk Mandiri Syariah Mobile dan Netbanking mencapai 1,45 juta user dengan nominal transaksi sebesar Rp11,9 triliun," kata Reza.

3 dari 5 halaman

Mandiri Syariah Permudah Transaksi Nasabah dengan Fitur QRIS

Dream - Kemajuan teknologi membuat transaksi menjadi mudah. Salah satu caranya dengan QR Code, sebagaimana telah disiapkan oleh banyak merchant.

Per 1 Januari 2020, Bank Indonesia mewajibkan pembayaran non tunai menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard). PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) turut serta dalam pembayaran dengan QRIS. 

“ QRIS sudah diwajibkan oleh BI mulai 1 Januari, Bank Mandiri Syariah juga bank syariah pertama yang menggunakan QRIS,” kata Group Head Digital Banking Sales and Partnership Mandiri Syariah, Riko Wardhana, di Jakarta, Jumat 6 Maret 2020. 

 © Dream



Menurut Riko, Mandiri Syariah menjadi bank syariah pertama yang menggunakan QRIS untuk bertransaksi. Dengan fitur QRIS, anak usaha PT Bank Mandiri Tbk (Persero) mempermudah transaksi nasabahnya. 

“ Mandiri Syariah ingin memberikan sesuatu yang lebih mudah untuk nasabah,” kata dia.

4 dari 5 halaman

Ada 3 Ribu Merchant

Saat ini, tambah Riko, ada lebih dari tiga ribu merchant, terdiri atas komersial dan masjid. Ke depannya, akan ada 20 ribu debitur pembiayaan mikro segmen perdagangan untuk dijadikan merchant transaksi QRIS. 

Riko mengatakan, metode ini cocok bagi generasi milenial yang sangat dekat dengan gadget dan teknologi. “ Bagi merchant yang cepat mengikuti tren pembayaran secara nontunai atau digital, market dan traffic penjualannya juga lebih berpotensi meningkat,” kata dia. 

Kemudahan bertransaksi dengan QRIS di Mandiri Syariah Mobile bisa juga dinikmati oleh masyarakat yang saat ini belum menjadi nasabah. Calon nasabah dapat dengan mudah melakukan pembukaan rekening secara online dengan cara mendownload aplikasi Mandiri Syariah Mobile di handphonenya dan mengikuti proses pembukaan rekening online.

Laporan: Cindy Azari

5 dari 5 halaman

Transformasi Digital Dorong Fee Based Income Mandiri Syariah

Dream - PT Bank Mandiri Syariah mencatatkan pertumbuhan fee base income (FBI) dari lini digital. Pengembangan sejumlah fitur dalam transaksi digital Mandiri Syariah telah meningkatkan pengguna aplikasi dari perusahaan.

Sepanjang 2019, FBI yang diraih Mandiri Syariah dari pengembangan fitur digital mencapai Rp207,86 miliar. Jumlah ini naik 24,86 persen dibandingkan 2018 yang baru mencapai Rp166,47 miliar.

Lini mobile banking menjadi kontributor terbesar dari pengembangan digital Mandiri Syariah. Pertumbuhannya tercatat sebesar 88,03 persen dari Rp27,46 miliar akhir 2018 menjadi Rp51,64 miliar di akhir 2019.

" Dunia sudah merambah ke digital," kata Corporate Secretary Mandiri Syariah, Ahmad Reza, di Jakarta, Senin 17 Februari 2020.

 

 © Dream

 

Anak usaha PT Bank Mandiri (Persero) Tbk itu bertranformasi ke dunia digital dengan meluncurkan fitur pembukaan rekening online, digital branch, tarik tunai tanpa kartu ATM, dan pembayaran QRIS. Menurut Reza, setiap harinya ada 1.000 akun yang dibuka melalui fitur buka rekening online.

" Rata-rata ada 1.000 akun baru (yang dibuka melalui mobile banking) setiap hari, masih jauh dari target," kata dia.

Sekadar informasi, bank ini menargetkan pembukaan rekening 3,5 juta dari mobile banking.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga memuat fitur-fitur lain, seperti pembayaran zakat, sedekah, wakaf, dan kurban. Ada juga jadwal sholat, arah kiblat, lokasi masjid, juz amma, dan kutipan hadist.

Sampai dengan Desember 2019, user Mandiri Syariah Mobile mencapai 1,05 juta pengguna dengan jumlah transaksi sebanyak 24 juta.

Pertumbuhan transaksi tertinggi berasal dari transaksi Zakat, Infaq, Sedekah & Waqaf (Ziswaf) yang naik 374 persen semula 440 ribu transaksi pada 2018 menjadi 2 juta transaksi pada 2019.

Beri Komentar