Marjin Bank Wakaf Mikro Cuma 3 Persen, Apa Rahasianya?

Reporter : Syahid Latif
Jumat, 6 April 2018 11:45
Marjin Bank Wakaf Mikro Cuma 3 Persen, Apa Rahasianya?
OJK ternyata meniri sistem wakaf Turki. Apa itu?

Dream - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menetapkan marjin pembiayaan dari bank wakaf mikro (BWM) sebesar 3 persen per tahun. Batasan tersebut termasuk rendah untuk para pengusaha yang selama ini terbebani tingginya bunga pinjaman.

Kepala Departemen Perbankan Syariah OJK, Ahmad Soekro Tratmono, mengatakan rendahnya pemberian margin BWM dikarenakan tidak seluruh modal perusahaan disalurkan untuk bisnis pembiayaan. 

Untuk diketahui modal BWM mencapai sebesar Rp4 miliar-Rp8 miliar.

" Mengapa bisa 3 persen? Karena tidak semua modal disalurkan kepada masyarakat," kata Soekro dalam acara pelatihan dan media gathering media massa di Purwokerto, Jawa Tengah, Kamis malam 5 April 2018.

Dia mencontohkan, BWM yang memiliki modal Rp8 miliar akan menyalurkan pembiayaan sebesar Rp5 miliar. Sementara sisanya sebesar Rp3 miliar diinvestasikan dalam instrumen deposito yang hasil investasinya dipakai sebagai biaya operasional.

" Kalau disalurkan semua, nggak bakal nutup dan jadi overhead cost," kata dia.

Soekro mengatakan konsep ini mirip dengan pengelolaan wakaf di Turki. Di negara tersebut, ada pemberi wakaf yang menyalurkan uang Rp10 miliar untuk sekolah. Namun tak semua dana itu digunakan sekolah. 

" Uangnya itu Rp5 miliar untuk sekolah dan Rp5 miliar lainnya untuk usaha. Keuntungan usaha itu digunakan agar sekolah tetap gratis," kata dia.

Menurut Soekro rasio pembiayaan bermasalah (non performing financing/NPF) BWM juga diyakini bisa bertahan di angka nol persen.

" Setiap minggu nasabah datang untuk mengangsur. Meminjam Rp1 juta. Angsuran per minggu Rp20 ribu selama 52 minggu. (BWM) dapatnya Rp1,04 juta," kata dia.

(Sah)

 

 

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone