Bank Wakaf Mikro Diberi Modal Rp8 Miliar

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 14 Maret 2018 17:15
Bank Wakaf Mikro Diberi Modal Rp8 Miliar
Lembaga mikro syariah ini memberikan pembiayaan kepada nasabah dalam jumlah kecil.

Dream - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memberikan izin usaha kepada 20 Bank Wakaf Mikro (BWM) di lingkungan pondok pesantren yang tersebar di Serang, Cirebon, Bandung, Ciamis, Purwokerto-, Lebak, Kudus, Yogyakarta, Klaten, Surabaya, Kediri dan Jombang.

Presiden RI Joko Widodo mengatakan, masing-masing BWM di pondok pesantren akan diberikan bantuan modal hingga Rp8 miliar.

" Setiap Bank Wakaf Mikro diberi Rp8 miliar," ujar Presiden di Pondok Pesantren An Nawawi Tanara, Serang, Rabu, 14 Maret 2018.

Jokowi mengatakan dana yang digunakan oleh BWM berasal dari dana donatur.

Ketua Dewan Komisoner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso mengatakan, nasabah yang ada di BWM ini berasal masyarakat kelas menengah bawah. Para nasabah bisa mendapat bantuan modal maksimal Rp3 juta.

" Pinjaman awal itu Rp1 juta,” kata dia.

Wimboh menjelaskan, nasabah yang telah mendapatkan dana Rp1 juta juga mendapat pelatihan dan diawasi apakah usahanya maju atau tidak. Jika memang maju dan ingin meminjam modal lebih besar lagi hingga Rp3 juta akan diberikan.

" Program berikutnya pembinaan, akan dididik kualitas produknya lebih bagus dan berkembang sehingga lebih mensejahterakan masyarakat," kata dia.

(Sah)

 

Beri Komentar