Bisnis Kuliner Ngehits tapi Tak Cepat Meredup? Begini Triknya

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 3 Januari 2019 12:15
Bisnis Kuliner Ngehits tapi Tak Cepat Meredup? Begini Triknya
Bisnis musiman ini `berusia` pendek, tapi bisa sukses, kok.

Dream – Tahun baru, semangat harus baru, dong, terutama buat kamu yang ingin merintis bisnis. Nah, buat kamu yang bingung merintis bisnis, tak ada salahnya mencoba bisnis kuliner.

Bisnis ini memang terkenal paling cepat tumbuhnya, begitu pula dengan trennya.

Setelah kejayaan cappuccino cincau, masyarakat Indonesia juga sempat keranjingan kuliner es kepal Milo. Di sudut jalan, sering ditemui penjual es kepal Milo.

Ya, pencuci mulut asal Malaysia ini memang nge-hits di Indonesia selama beberapa bulan. Setelah itu, pamornya mereda. Beberapa pelaku bisnis juga mengaku telah merugi karena telah terlanjur membeli mesin serut dan booth dengan biaya yang tidak sedikit.

Dikutip dari Vemale, Kamis 3 Januari 2018, ada empat hal yang harus kamu perhatikan ketika tetap ingin berbisnis kuliner yang lagi hype.

Pertama, kamu harus pintar melihat peluang. Bisnis musiman ini memang berjalan dalam waktu tertentu dan “ usianya” tidak panjang. Di sinilah kamu harus pintar melihat peluang. Cobalah untuk mengintip media sosial atau pembicaraan di grup-grup tentang apa yang menjadi tren.

1 dari 1 halaman

Jangan Lupa Tentukan Target Pasar, ya!

Kedua, jangan lupa mencari pasar yang sesuai. Dalam berbisnis, menentukan target pasar adalah hal yang paling penting. Dengan menentukan targetnya, kamu bisa memerinci strategi yang akan dijalankan, termasuk menentukan harga beli dan harga jual. Tentukan target pasar yang spesifik agar lebih mudah untuk mempromosikan bisnismu.

Ketiga, kualitas adalah nomor satu. Meskipun hanya berjalan beberapa bulan, ini tidak berarti kamu bisa menjual barang yang ala kadarnya.

Berikanlah layanan dan produk yang berkualitas agar pembeli tidak kecewa. Siapa tahu kamu bisa mendapatkan pelanggan tetap yang setia denganmu di bisnis selanjutnya.

Keempat, inovasi adalah kunci. Menjalani bisnis musiman memang tak mudah karena biasanya banyak orang yang juga membuka bisnis sama.

Selain itu, kamu harus bersiap-siap dengan kemungkinan bisnis tidak berumur panjang. Untuk itu, teruslah berinovasi dan meningkatkan kreativitas agar menjadi pembeda dari bisnis serupa lainnya.

Beri Komentar