Mau Menabung Setiap Hari Tapi Banyak Halangan? Coba Trik Ini

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 2 Agustus 2018 08:42
Mau Menabung Setiap Hari Tapi Banyak Halangan? Coba Trik Ini
Jangan takut mencoba yang nomor lima.

Dream – Ketika kamu tak asing dengan sejumlah taktik menabung, tapi malah puyeng untuk menghemat bujet, ada banyak cara kreatif menabung. Cara-cara ini bisa banget kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dilansir dari Business Insider, Kamis 2 Agustus 2018, ada 11 cara menabung kreatif yang bisa kamu terapkan.

Pertama, memperkecil jumlah pengeluaran per minggu. Dengan menekan pengeluaran, otomatis ada sisa uang anggaran pengeluaran. Nah, sisihkan uang itu untuk dialokasikan ke dalam tabungan.

Kedua, buatlah aturan 48 jam ketika hendak berbelanja online. CEO Edukate, Chris Whitlow, menyarankan kamu untuk memberi jeda waktu 48 jam untuk setiap barang yang kamu putuskan ketika berbelanja online. Tujuannya untuk memisahkan kebutuhan dan keinginan,.

Ketiga, menggunakan transportasi publik atau jalan kaki. Daripada naik mobil pribadi, lebih baik lakukan dua cara itu. CEO platform tabungan —DontPayFull— Andrei Vasilescu, menyarankan kamu untuk jalan kaki atau naik transportasi umum. Cara ini bisa menghemat pengeluaran untuk membayar biaya yang berkaitan dengan kendaraan pribadi, misalnya tarif parkir.

 Kalau belanja online, lebih baik ramai-ramai dengan teman.

Keempat, menggunakan aplikasi perencana keuangan. Aplikasi perencana keuangan ini bisa mencegah kamu untuk boros dan membantumu membuat bujet. Jika pengeluaranmu sudah melebihi batas, aplikasi itu akan memberikan peringatan.

Kelima, ganti bank! Mimpi buruk bagi nasabah bank adalah ketika ingin tarik uang, eh, ATM bank yang bersangkutan tidak ada. Akhirnya, terpaksa menggunakan ATM bank lain dan dikenakan biaya tarik tunai. Kalau mau hal ini tidak terus-terusan terjadi, kamu bisa pindah bank yang memberikan banyak manfaat, misalnya jumlah ATM banyak dan biaya rendah untuk transaksi antar bank.

Keenam, periksa lagi tagihan kartu kredit. Cara ini juga bisa, lho, untuk membantumu berhemat. Perencana keuangan bersertifikat dari United Capital Financial Life Management, Byron Ellis, menyarankan kamu untuk memeriksa dan memeriksa laporan kartu kredit selama enam bulan terakhir. Dari sana, kamu bisa mengetahui pengeluaran mana yang terlalu tinggi dan pengeluaran mana yang bisa dihemat.

 

 Periksa terus tagihan kartu kreditmu.'

Ketujuh, mencatat semua biaya. Kamu harus mencatat setiap uang yang dikeluarkan. Dari situ, kamu akan sadar pembelian mana yang bisa membuatmu boros.

Kedelapan, berbagi ongkos kirim barang/makan dengan teman-teman. Belakangan ini, jasa antar barang secara online memang marak digunakan, terutama untuk pengguna yang mager (malas gerak) untuk membeli barang. Dengan berbagi biaya ongkos kirim, kamu bisa menghemat uang. Begitu pula dengan makan. Kamu bisa patungan dengan teman-teman.

Kesembilan, cermat belanja bahan makanan. Lebih baik kamu merencanakan belanja bahan makanan selama seminggu. Jika tidak direncanakan, dikhawatirkan kamu akan belanja terlalu banyak dan ujung-ujungnya bahan makanan itu tidak terpakai atau mubazir. Sayang banget, kan?

Kesepuluh, mencabut colokan gawai ketika tidak sedang terpakai. Cabutlah kabel peralatan elektronik seperti televisi, laptop, atau mesin pembuat kopi ketika tidak digunakan. Peralatan ini akan membuat menyedot energi meskipun tidak digunakan. Alhasil, tagihan listrikmu membengkak.

 

 Bertawakal Bisa Lewat Menabung

 

Kesebelas, menyisihkan sebagian uang per hari. Sisihkanlah uang setiap hari. Simpan uang itu di botol atau rekening tabungan yang lain. “ Setidaknya menabung enam bulan dan kamu akan kagum dengan seberapa banyak kamu bisa menabung,” kata penasihat konsumen di finder.com, Jennifer McDermott. (ism)

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi