Mengenal Nicke Widyawati, Bos Baru Pertamina yang Inovatif

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 30 Agustus 2018 12:29
Mengenal Nicke Widyawati, Bos Baru Pertamina yang Inovatif
Sebelum dinobatkan jadi dirut Pertamina, dia membuat terobosan yang unik.

Dream – Nicke Widyawati terpilih sebagai direktur utama PT Pertamina (Persero). Setelah sah menjadi direktur utama, Nicke mendapatkan tiga tugas utama dari pemerintah.

“ Pertama, bagaimana perusahaan bisa mengurangi impor, seperti yang diamanahkan pemerintah,” kata dia di Jakarta, Kamis 30 Agustus 2018.

Nicke mengatakan, salah satu cara yang digunakan untuk menekan impor adalah meningkatkan produksi. Saat ini, besaran produksi minyak Pertamina mencapai 380 ribu barel per hari (bph).

Fokus yang ke dua, kata dia, mempercepat pembangunan kilang. Pembangunan kilang ini bisa meningkatkan produksi di sektor hilir.

“ Ketiga itu adalah implementasi biodiesel,” kata dia.

1 dari 1 halaman

Bos Inovatif

Nicke semula merupakan Pelaksana Tugas (Plt) Dirut Pertamina setelah Elia Massa Manik turun dari kursi kepemimpinan. Lulusan Institut Teknologi Bandung dan Universitas Padjadjaran ini membuat beberapa terobosan yang inovatif selama menjabat sebagai plt dirut Pertamina.

Salah satunya membuat sistem barcode elpiji untuk mengawasi penyeberan gas 3 kg bersubsidi. Ada juga gas 3 kg yang berwarna pink untuk non subsidi.

Di sektor hilir, Nicke mendorong penambahan produksi blok migas Rokan. Dia juga mendorong BUMN migas ini untuk melakukan eksplorasi 7 ribu titik baru.

(Sumber: Liputan6.com/Ilyas Istianur Praditya, Tommy Kurnia)

Beri Komentar