Menko Darmin Buka-bukaan Potensi Bisnis Wisata Banyuwangi

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 12 Agustus 2017 11:27
Menko Darmin Buka-bukaan Potensi Bisnis Wisata Banyuwangi
Darmin mengatakan pemandangan alam serta pertunjukan budaya merupakan dua item wisata yang paling dinikmati.

Dream - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mendorong pengembangan kawasan wisata taman nasional, terutama di Banyuwangi. Darmin mengatakan pariwisata kini menjadi kebutuhan penting dengan pangsa pasar yang tidak pernah surut.

" Pariwisata ini sekarang jadi kebutuhan penting, pasarnya tidak pernah turun. Jadi, sangat tepat jika potensi taman nasional ini didorong untuk wisata berbasis alam," papar Darmin, dikutip dari merdeka.com.

Darmin mengatakan pemandangan alam serta pertunjukan budaya merupakan dua item wisata yang paling dinikmati. Tetapi, banyak wisatawan mancanegara mengeluhkan dua faktor yang ada di pariwisata Indonesia.

" Yang dikeluhkan pertama adalah tentang enviromental sustainability (pengembangan lingkungan yang berkelanjutan). Dan, kedua, adalah health and hygiene (kesehatan dan kebersihan)," ucap Darmin.

Meski demikian, Darmin mengungkapkan peminat wisata Indonesia masih cukup tinggi. Dalam pemeringkatan dunia, Indonesia menduduki posisi 42 dari 136 negara tujuan wisata.

" Dari data internasional tersebut, artinya, potensi pariwisata di Indonesia cukup diminati di tingkat internasional," ucap dia.

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya tengah membuat skala prioritas kawasan wisata Alam. Banyuwangi masuk dalam daftar skala itu.

" Jika melihat pemodalannya, tidak terlalu besar. Akan tetapi, dampaknya luar biasa jika mengembangkan yang di Banyuwangi ini," kata Siti. (ism) 

Beri Komentar