Minat Ibadah Umrah Penduduk RI Meningkat

Reporter : Ramdania
Senin, 11 Mei 2015 19:03
Minat Ibadah Umrah Penduduk RI Meningkat
Kesadaran umat muslim Indonesia mengenai ibadah umrah semakin meningkat. Tahun ini, jumlah jamaah umrah terus bertambah.

Dream - Minat masyarakat untuk melaksanakan ibadah umrah tahun ini begitu tinggi. Catatan sejak 1 Januari hingga 7 Mei menyebutkan, jumlah jamaah umrah mencapai 24.869 orang. Rata-rata setiap hari sebanyak 195 jamaah umrah berangkat ke Arab Saudi, tercatat rata-rata setiap bulannya mencapai 5.602 orang.

Hal ini terlihat dari laporan umrah yang dilansir KUH itu (Statistik Kedatangan Kepulangan Jemaah Umrah) yang dikutip dari situs Kementerian Agama, Senin, 11 Mei 2015.

Jumlah jamaah umrah ini diprediksi semakin banyak pada selama bulan puasa, awal Idul Fitri, dan hari-hari besar keagamaan Islam lainnya, serta hari libur sekolah.

Sebelumnya, Inspektorat Jenderal Kemenag M. Jasin menyampaikan banyaknya jumlah jamaah perjalanan umrah ini berpotensi menimbulkan masalah. Untuk itu dia berharap masyarakat berhati-hati dalam memilih travel umrah. Supaya aman, masyarakat tidak perlu ragu mencari informasi di Kemenag mengenai travel umrah mana saja yang rekam jejaknya baik, aman, dan terpercaya.

Mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu menuturkan, penipuan umrah banyak sekali bentuknya. Yang paling sering adalah, jamaah umrah gagal berangkat, padahal sudah menyetor sejumlah uang ke pihak travel. Kemenag sering menerima laporan calon jamaah umrah gagal berangkat padahal sudah berada di bandara.

Direktur Pembinaan Haji dan Umrah Muhajirin Yanis pada medio Februari lalu menyampaikan agar masyarakat perlu untuk memastikan 5 (lima) hal agar tidak tertipu dengan janji dan harga murah yang ditawarkan penyelenggara umrah. 5 (lima) pasti: (1) Pastikan Travel Berizin klik Daftar Penyelenggara Umrah Berizin, (2) Pastikan Penerbangan dan Jadual Keberangkatan, (3) Pastikan Program Layanannya, (4) Pastikan Hotelnya, dan (5) Pastikan Visanya.

Beri Komentar
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup