Biaya Tranfer Antarbank Lewat Kliring Turun Jadi Rp3.500

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 30 Agustus 2019 18:24
Biaya Tranfer Antarbank Lewat Kliring Turun Jadi Rp3.500
Biaya administrasinya dipangkas Rp1.500.

Dream – Bank Indonesia (BI) akan menurunkan biaya transfer antar bank melalui Sistem Kliring Nasional Indonesia (SKNI) turun dari Rp5.000 per transaksi menjadi Rp3.500.

Kebijakan penurunan biaya transfer antar ini berlaku jika transfer dilakukan.

" BI memperluas kebijakan yang lebih akomodatif untuk mendorong permintaan domestik, salah satunya dengan mendorong efisiensi pembayaran ritel melalui perluasan layanan SKNBI," kata Direktur Pengembangan Infrastruktur Sistem Pembayaran BI, Ery Setiawan, di Jakarta, dikutip dari Merdeka.com , Jumat 30 Agustus 2019.

Sekadar informasi, transfer kliring adalah pemindahan dana yang dilakukan melalui bank cabang, internet banking, dan mobile banking. Dalam sistem ini, transfer uang bisa dilakukan jika sudah ada kesepakatan untuk terjadinya transaksi. Pengiriman ini memang tak bisa secepat transfer uang secara online.

Ery mengatakan penyempurnaan tersebut bertujuan untuk meningkatkan efisiensi sistem pembayaran, memberikan layanan transfer dana yang lebih cepat sejalan dengan kebutuhan masyarakat, serta mengakomodasi kebutuhan pengguna baik individu maupun korporasi untuk transaksi dengan nilai yang lebih besar.

" Biayanya lebih murah berdasarkan pengalaman di negara lain, itu menambah jumlah orang yang akan menabung terutama pengusaha ataupun masyarakat yang transaksinya kecil-kecil," kata dia.

Ery mengharapkan masyarakat tak ragu untuk menaruh uangnya di bank. Sebab, biaya transfer menjadi lebih murah.

“ Kalau biayanya lebih murah, banyak manfaat, sehingga masyarakat terdorong untuk menyimpan uangnya di bank. Itulah proses meningkatnya inklusi keuangan,” kata dia.

1 dari 4 halaman

Tambah Jadwal Kliring

Selain memangkas biaya transfer, BI juga menambah jam kerja kliring semula per 2 jam menjadi per 1 jam. Sehingga, kliring yang tadinya hanya 5 kali sehari menjadi 9 kali dalam sehari yaitu mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.45 WIB.

Selain itu, batas maksimal transfer juga dinaikan semula Rp500 juta menjadi Rp1 miliar.

" Penyelesaian transaksi dilakukan maksimal 1 jam masing-masing di bank pengirim dan bank penerima," kata Ery.

Perubahan tentang biaya transfer tersebut tertuang dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.21/8/PBI/2019 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Bank Indonesia Nomor 17/9/PBI/2015 tentang Penyelenggaraan Transfer Dana dan Kliring Berjadwal oleh Bank Indonesia, dan ketentuan teknis dalam Peraturan Anggota Dewan Gubernur No. 21/12/PADG/2019 tentang Penyelenggaraan Transfer Dana dan Kliring Berjadwal oleh Bank Indonesia.

2 dari 4 halaman

Transfer Rp100 Juta Kini Bisa Lewat Sistem RTGS

Dream - Bank Indonesia (BI) menurunkan batas minimal transfer dana Sistem Bank Indonesia-Real Time Gross Settlement (BI-RTGS). Nasabah kini bisa mentransfer uang minimal Rp 100 juta per instruksi dari sebelumnya Rp500 juta. 

RTGS adalah jasa transfer uang valuta Rupiah antar Bank baik dalam satu kota maupun dalam kota yang berbeda secara real time. Hasil transfer efektif dalam hitungan menit.

" Terhitung nanti 1 Juli akan diberlakukan aturan capping yang baru. RTGS yang minimal Rp500 juta akan boleh dilakukan transaksi Rp100 juta ke atas," kata Direktur Eksekutif Penyelenggaraan Sistem Pembayaran BI, Bramudija Hadinoto, di Jakarta, Senin 6 Juni 2016.

 © Dream

Bramudija menjelaskan, upaya tersebut merupakan salah satu langkah antisipasi yang ditempuh BI saat Ramadan dan Idul Fitri tahun ini untuk bisa memenuhi kebutuhan layanan sistem pembayaran tunai dan non tunai.

Selain itu, dia mengatakan sepanjang periode Ramadan, yaitu 6 Juni-1 Juli 2016, jam operasional sistem pembayaran non tunai BI tak berubah. Untuk tanggal 4 Juli 2016, Bank Indonesia akan menyelenggarakan kegiatan operasional terbatas, dan pada tanggal 11 Juli 2016 Bank Indonesia akan menyelenggarakan kegiatan operasional sistem pembayaran non tunai secara normal.

Selain itu, Bramudija memperkirakan nilai dan transaksi BI-RTGS akan meningkat pada H-2 sebelum libur Lebaran.

" Untuk nominal transaksi, peningkatan tertinggi terjadi H-2 dengan peningkatan nominal transaksi mencapai 43,3 persen," kata dia.Ketentuan ini berlaku mulai bulan depan.

[crosslink_1]

3 dari 4 halaman

BNI Akui Layanan Transfer Terganggu, Ini Cara Ajukan Klaim

Dream - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) mengakui adanya gangguan sistem layanan transfer online antar bank pada 31 Mei 2018. Akibat gangguan itu, banyak dana nasabah yang terpotong namun uang yang diambil tak keluar.

" Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan," ujar manajemen BNI dalam unggahan di sejumlah akun sosial media perusahaan dikutip Dream, Senin, 4 Juni 2018.

 © Dream

Perusahaan mengaku telah melakukan percepatan proses rekonsiliasi data transaksi antar bank agar dana nasabah segera dapat diselesaikan.

Dengan kebijakan tersebut, BNI mengungkapkan sejumlah nasabah telah mendapatkan kepastian dananya berupa pengembalian uang ke rekening tabungannya.

" Masih ada beberapa yang sedang dalam proses pengembalian," tulis BNI.

4 dari 4 halaman

Pastikan Dana Nasabah Aman

Bank pelat merah ini menegaskan komitmennya untuk menyelesaikan keluhan nasabah secepat mungkin. Bank juga ingin memastikan dana nasabah tetap aman.

Untuk nasabah yang terkena dampak gangguan, BNI menyarankan agar menyampaikan keluhan melalui pesan langsung (direct massage) di sejumlah saluran sosial media BNI. Dengan format seperti terlihat di gambar di bawah ini.

 Laporan pengaduan nasabah BNI© Facebook BNI

Sebelumnya, kabar gangguan yang dialami nasabah BNI ini telah menjadi viral di sosial media. Selain melapor ke akun milik BNI, para nasabah juga melaporkan kasusnya ke sejumlah akun gosip sosial media untuk mendapat perhatian.

Sebagian besar nasabah mengeluhkan transaksi penarikan dana tak berhasil namun saldo rekening mereka sudah terpotong.

Ada pula yang mengeluhkan lambannya penanganan pengaduan karena dijanjikan sampai 14 hari kerja.

(Sah)

 

[crosslink_1]

 

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair