Gelar Muslim LifeFair, KPMI Dorong UMKM Industri Halal di Masa Pandemi

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Kamis, 10 Maret 2022 06:12
Gelar Muslim LifeFair, KPMI Dorong UMKM Industri Halal di Masa Pandemi
Mendukung para UMKM di Indonesia di tengah pandemi, Indonesia Muslim LifeFair akan kembali hadir di Istora Gelora Bung Karno

Dream - Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) bertekad terus mendorong pertumbuhan Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) nasional yang saat ini terhimpit tekanan pembatasan akibat pandemi Covid-19. Upaya ini dilakukan salah satunya dengan menggelar event Muslim Life Fair yang akan berlangsung pada akhir Maret 2022 mendatang.

Ketua KMPI, Rachmat Surtanas Marpaung mengatakan pameran Muslim LifeFair yang digelar di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta merupakan salah satu bentuk kontribusi pengusaha muslim dalam upaya pemulihan ekonomi di tanah air. 

" Sekaligus mendorong Indonesia untuk menjadi produsen halal terbesar dunia di tahun 2024, sesuai arahan pemerintah," jelas Rachmat dalam press conference, Kamis, 9 Maret 2022 di Jakarta.

Menurut Rachmat, pandemi Covid-19 membuatnya bisa melihat semangat dari pengusaha UMKM dalam memajukan ekonomi meski di tengah pandemi.

Instagram @muslimlifefair© Instagram @muslimlifefair

Sebanyak 195 exhibitor dari berbagai daerah di Indonesia yang terdiri dari UMKM industri halal dan Islami direncanakan akan hadir dan menampilkan produk terbaiknya. Para exhibitor itu bergerak mulai dari bisnis modest fashion, islamic education, hobbies and communities, islamic book & publisher, halal travel, kuliner halal, beauty pharmaceutical hingga herbal.

Tekanan pandemi Covid-19 pada pelaku UMKM juga diungkapkan Chief Business Officer Alami Group, Bembi Juniar yang melihat adanya penurunan kinerja.  

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

" Dengan adaptasi UMKM di masa pandemi, kita ingin mensupport, tumbuh bersama, dan bisa beradaptasi di tengah pandemi ini,” ujarnya.

1 dari 2 halaman

Semangat dan antusiasme para pengusaha muslim tanah air ini akan mampu mendorong pertumbuhan industri produk halal di tanah air, dan menjadi salah satu sektor unggulan di tengah pandemi.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

" Sebagai seorang muslim, kita semua diwajibkan untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Berbagai upaya bisa kita lakukan bersama-sama untuk mendorong peningkatan produktivitas dan kualitas dari produk industri halal, agar memiliki daya saing tidak hanya di tanah air namun juga di pasar global," tambah Bembi.

2 dari 2 halaman

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Dengan tingginya animo masyarakat terhadap kebutuhan produk halal, Muslim LifeFair diharapkan bisa menamping sebanyak 30 ribu pengunjung dalam kegiatan pameran selama 3 hari yang digelar mulai 25 Maret hingga 27 Maret 2022.

Penyelanggara Muslim LifeFair memastikan event ini berlangsung dengan aman serta mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan kebijakan yang berlaku.(Sah)

Beri Komentar