CONNECT WITH US!

Jenis Asuransi Syariah Paling Banyak Dibeli di Dunia

Reporter : Arie Dwi Budiawati | Senin, 17 Juli 2017 19:46
Ilustrasi Asuransi Syariah.
Berapa porsi pasarnya?

Dream - Salah satu konsultan dan firma keuangan, Milliman, merilis kajian tentang industri asuransi syariah. Kajian ini menunjukkan kawasan negara Teluk masih mendominasi penetrasi asuransi syariah di tingkat global.

Dilansir dari keterangan tertulis Milliman yang diterima dari Dream, Senin 17 Juli 2017, pasar asuransi syariah tumbuh 14 persen pada tahun 2015.

Kepala Konsultasi Asuransi Jiwa Syariah Milliman di Asia Tenggara, Farzana Ismail mengatakan bahwa nilai pasar asuransi syariahnya sebesar US$14,9 miliar (Rp198,15 triliun) yang terdiri atas asuransi umum sebesar US$12,3 miliar (Rp163,82 triliun) dan asuransi keluarga US$2,3 miliar (Rp30,63 triliun).

Dari hasil kajian itu, Direktur Utama Milliman di Timur Tengah dan Afrika, Safder Jaffer, mengatakan bahwa pertumbuhan asuransi syariah di kawasan negara Teluk pada 2012-2015 mendominasi tingkat penetrasi asuransi syariah.

" Kawasan GCC (Gulf Cooperation Council) mendominasi penetrasi asuransi syariah di pasar dunia. Meskipun demikian, kajian yang lebih mendalam mengenai pasar mengungkapkan penetrasi asuransi jiwa syariah ternyata belum signifikan, sehingga ada peluang pertumbuhan yang sangat besar," kata Safder.

Dilihat dari jenisnya, masyarakat di dunia masih banyak memilih asuransi umum sebagai bentuk perlindungan bagi diri dan keluarganya. Diperkirakan pendapatan dari asuransi umum syariah ini mencapai US$ 12,3 miliar, atau 83 persen dari total pangsa pasar takaful.

Sementara takaful keluarga diperkirakan meraup pendapatan US$ 2,6 miliar, atau baru 17 persen dari pangsa pasar asuransi syariah dunia. Nilai ini justru turun sekitar 1 persen akibat fluktuasi nilai tukar dollar AS terhadap mata uang dunia. (Sah)

Terry Prihatin Dengan Keadaan Pekerja Seni di Indonesia