2 Cara Kilat Bikin Bank Syariah Berlari Cepat

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Senin, 16 April 2018 18:28
2 Cara Kilat Bikin Bank Syariah Berlari Cepat
Pertumbuhan bank syariah belum begitu terasa saat ini.

Dream – Pertumbuhan industri perbankan syariah di Indonesia memang belum begitu terasa bagi perekonomian. Saat ini, pertumbuhannya masih berada di angka 5-6 persen.

Padahal, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menetapkan pada 2019 mendatang, bank syariah harus mampu tumbuh sebesar 10 persen.

Wakil Sekjen Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Agustianto Mingka, mengatakan, perbankan syariah memerlukan kebijakan pemerintah agar pertumbuhannya bisa cepat. Salah satunya, pemerintah menempatkan dana-dananya di bank syariah.

" Misalnya penempatan dana-dana pemerintah di bank syariah," ujar Agus di kantor pusat BNI Syariah, Gedung Tempo Pavilion 2, Jakarta, Senin 16 April 2018.

Dia berkata kebijakan lain yang diperlukan adalah memberikan proyek-proyek yang ada di pemerintahan dan corporate kepada bank syariah. " Kalau pemerintah yang punya dana tidak seperti itu, bank syariah, ya, biasa saja," ucap dia.

Tak hanya dari pemerintah, Agustianto juga mendesak para pelaku perbankan syariah untuk memperkaya produk-produk yang lebih inovatif dan menambah layanan sebanyak-banyaknya.

Edukasi dan sosialiasi kepada masyarakat terkait keunggulan menggunakan layanan berbasis syariah diperlukan karena masyarakat belum sepenuhnya paham akan bank syariah.

" Edukasi dan sosialisasi perlu dilakukan secara masif," kata dia.

(Sah)

 

Beri Komentar
Ayu Tingting, Kisah Masa Kecil dan Resiko Jadi Populer