Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Awal Mei, Pemerintah Salurkan Kredit Ultra Mikro Bunga 2%

Awal Mei, Pemerintah Salurkan Kredit Ultra Mikro Bunga 2% Pemerintah Menyediakan Kredit Ultra Mikro Untuk Koperasi Dan UKM.

Dream – Pemerintah menyediakan kredit ultra mikro (UMI) dengan pembiayaan maksimal Rp10 juta kepada koperasi dan UKM. Pemerintah siap mendistribusikan kredit ini pada awal Me 2017.

“Tahap awal akan disalurkan ke koperasi dengan bunga hanya dua persen per tahun, lalu dari koperasi disalurkan kepada anggotanya dengan bunga sesuai dengan kebijakan pengurus,  namun diharapkan (bunganya) tidak terlalu tinggi,” kata Menteri Koperasi dan UKM, A. A. G. N. Puspayoga, usai membuka Malang City Expo 2017 di Stadion Gajayana, Malang, Jawa Timur, dikutip dalam keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 28 April 2017.

Sekadar informasi, kredit UMI ini digagas oleh Kementeria Keuangan dengan menggandeng Kementerian Koperasi dan UKM serta Kementerian Komunikasi dan Informasi. Sebagai bagian dari penyiapan penyaluran kredit ini, Kementerian Koperasi dan UKM sudah melakukan MoU dengan Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah di mana kedua organisasi itu yang memiliki unit usaha koperasi dan koperasi syariah (baitul maal wat tanwil/BMT).

Puspayoga mengatakan kredit UMI ini akan melengkapi kredit usaha rakyat (KUR) dengan suku bunga 9 persen tanpa jaminan untuk pinjaman maksimal Rp25 juta, sedangkan pinjaman di atas Rp25 juta-Rp500 juta dengan jaminan.

Sementara untuk UKM yang berorientasi ekspor, disediakan KUR Berorientasi Ekspor (KURBE) dengan suku bunga 9 persen.

“Semua itu dilakukan pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, namun tidak melupakan pemerataan terutama bagi pengusaha kecil dan koperasi,” kata dia.(Sah)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP