Pengoperasian Maskapai Asing di RI Bakal Dikaji

Reporter :
Selasa, 4 Juni 2019 09:29
Pengoperasian Maskapai Asing di RI Bakal Dikaji
Masuknya maskapai asing juga harus mempertimbangkan asas cabotage.

Dream - Harga tiket pesawat yang sangat tinggi membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan agar pihak maskapai asing ikut berkompetisi di industri penerbangan domestik. Hal ini pun ditanggapi oleh Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi.

Menurut Budi, saran tersebut memang baik untuk menciptakan iklim bisnis penerbangan di industri permaskapaian. Namun, masuknya maskapai asing juga menurutnya tidak mudah untuk dilakukan.

" Itu saran yang baik dari Presiden. Segala bisnis jika dilakukan dengan kompetisi maka timbul keseimbangan demand dan supply, jadi berimbang. Ide baik ini akan kita kaji," tuturnya di Jakarta, Senin, 3 Juni 2019.

Dia menjelaskan, masuknya maskapai asing juga harus mempertimbangkan asas cabotage yakni asas kedaulatan negara dimana mayoritas sahamnya harus dimiliki oleh perusahaan Indonesia.

" Kita tahu apabila perusahaan asing masuk ke Indonesia harus memenuhi asas cabotage, di mana perusahaan asing harus bekerja sama dengan perusahaan Indonesia. Jadi tentu kita tidak mudah menerima perusahaan asing, apalagi udara ini membutuhkan kualifikasi yang baik," ujarnya.

" Jadi kami sedang mengkaji dan kami akan melaporkan kepada Bapak Presiden sebelum menetapkan apa yang akan dilakukan," tambah dia.

Laporan:  Bawono Yadika/ Sumber: Liputan6.com

Beri Komentar
Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-