Viral Segini Harga Avtur Pesawat Jakarta-Malang, Lihat Nominal Struknya Bikin Melongo!

Reporter : Alfi Salima Puteri
Senin, 19 September 2022 13:20
Viral Segini Harga Avtur Pesawat Jakarta-Malang, Lihat Nominal Struknya Bikin Melongo!
Sendy menunjukkan momen pesawat penumpang rute Jakarta-Malang mengisi bahan bakar. Tidak itu saja, dia juga memamerkan harga avtur pesawat per liternya.

Dream - Harga bahan bakar minyak (BBM) yang naik per hari Sabtu, 3 September 2022 dan tarif tiket pesawat yang masih belum turun secara signifikan tentunya dapat menghambat aktivitas sebagian masyarakat.

Mungkin banyak Sahabat Dream yang penasaran mengapa harga tiket pesawat mahal, apa bahan bakar yang digunakan untuk pesawat ini, harga bahan bakarnya per liter atau berapa liter yang diperlukan untuk sekali jalan.

Baru-baru ini di media sosial TikTok seorang pria membocorkan biaya pengisian bahan bakar pesawat jenis avtur di media sosial. Harganya bikin warganet melongo.

Pria yang berprofesi sebagai pilot tersebut membagikan proses pengisian bahan bakar pesawat yang disebut avtur tersebut di akun TikTok pribadinya @sendy_id pada 5 September 2022 lalu.

Dalam video tersebut, Sendy memperlihatkan bagaimana sebuah pesawat komersial beroperasi sebelum terbang.

Sendy menunjukkan momen pesawat penumpang rute Jakarta-Malang mengisi bahan bakar. Tidak itu saja, dia juga memamerkan harga avtur pesawat per liternya.

1 dari 8 halaman

Pengunggah memperlihatkan struk pembelian avtur pesawat yang bertuliskan angka 10.165 liter, untuk pesawat tujuan Jakarta ke Malang, Jawa Timur. Harga per liter avtur dibandrol Rp15.000, menurut data di web resmi Pertamina.

Sehingga jika dijumlahkan, perusahaan harus menyiapkan dana untuk keperluan membayar bahan bakar tersebut sekitar Rp 153 juta.

Sebelum mengisi avtur, Sendy mengecek tangki bahan bakar pesawat tersebut. Setelah itu teknisi melakukan setting tangki bahan bakarnya.

 

2 dari 8 halaman

Layaknya SPBU pada umumnya, pengisian bahan bakar bernama Avtur (Aviation Turbine) ini pun dimulai dari angka nol. Namun tidak seperti kendaraan darat, pesawat terbang mengisi bahan bakarnya melalui truk tangki yang khusus mengangkut avtur.

Usai terisi penuh, Sendy pun memamerkan struk pengisian avtur pesawatnya. Ternyata hari itu isi total bahan bakarnya yaitu sebanyak 10.165 ribu liter.

Sendy membuat video ini untuk mengedukasi masyarakat soal kenapa harga tiket pesawat bisa mahal. Ternyata itu untuk menutupi biaya operasionalnya yang mahal.

" Harga Tiket Mahal. Pesawat menggunakan Bahan Bakar Avtur untuk dapat mengudara. Harga bensin / liter 15000 an. Ini double Uplift," tulisnya sebagai keterangan video.

3 dari 8 halaman

Hingga berita ini disusun, video TikTok tersebut sudah ditonton sebanyak 3,6 juta kali, dan menuai beragam komentar dari warganet.

" Rp153 juta bisa beli mobil Avanza dan buka usaha kuliner 5 cabang wkwkwkwk," komentar warganet.

" Pesawat setelah ini memakai baterai," komentar warganet lainnya.

" Kalau kehabisan bensin di udara gimana woy," sahut warganet lainnya.

" Beat gue Cikarang-Malang Rp150 ribu bang," canda warganet.

 

@sendy_id Episode 1 | Harga Tiket Mahal ✈️. Pesawat menggunakan Bahan Bakar Avtur untuk dapat mengudara. Harga bensin / liter 15000 an. Ini double Uplift #aviation #batikair #bensin #pertamina #petralite #pramugari #lionair #bbmsubsidi ♬ original sound - Sendy ID ✈️

 

4 dari 8 halaman

Dream - Semua pasti mafhum bahwa pramugari selalu berusaha tampil sempurna. Maklum, mereka bertugas melayani penumpang dalam pesawat. Sehingga, penampilan menjadi salah satu poin penting dalam tugas mereka --selain attitude tentunya.

Baca juga: Lika-liku Seorang Pramugari, Bisa Umroh Sambil Bekerja

Jika para pramugari melintas di sebelah kursi, pasti kita selalu mencium aroma wangi. Tak ada yang apek. Semua memakai parfum agar para penumpang menjadi nyaman selama penerbangan.

Dandanan pramugari juga pasti rapi. Lihatlah rambut mereka, selalu tertata. Ramput panjang digelung, yang pendek disisir halus, bak sutera. Sekarang ada pula pramugari yang memilih mengenakan hijab. Meski demikian, tak mengurangi pesonanya.

Baca juga: 10 Aturan Tak Tertulis Penampilan yang Harus Ditaati Setiap Pramugari

Baju seragam pun tak ada yang kusut. Semua licin, bekas setrika. Modelnya juga banyak. Ada blazer, tapi sekarang banyak pula model kebaya modern. Gaya yang terakhir ini memang punya nilai plus, untuk melestarikan sekaligus promosi kebudayaan nasional kita.

5 dari 8 halaman

Jenis bawahan para pramugari juga beragam. Ada yang memilih memakai rok pendek, sebatas lutut. Banyak pula yang mengenakan celana panjang. Selain itu, tak jarang kita berjumpa dengan pramugari dengan rok panjang.

Pokoknya, semua pramugari tampil menawan. Sedap dipandang mata. Saat bertugas pun mereka juga berusaha ramah menghadapi penumpang dengan perilaku yang berbeda-beda. Selalu tersenyum. Pramugari memang 'menjual' pelayanan.

Nah, bagi kalian yang penasaran dengan seluk beluk pramugari, tenang saja. Sebab, banyak di antara mereka yang aktif di sosial media. Di sinilah kalian bisa tanya banyak hal. Mulai karier hingga tetek bengek kehidupan sehari-hari mereka.

 

6 dari 8 halaman

Percayalah, banyak pramugari yang rela bercerita pada kalian tentang cara kerja dan kehidupan mereka sehari-hari. Mereka tak kalah ramah kok dibanding saat bertugas di dalam pesawat. Tak perlu sungkan bertanya, asal sopan.

Baca juga: Pesan Haru Sahabat Pramugari Sriwijaya Air SJ-182 Mia Trestyani

Bila masih ragu, bukalah aplikasi TikTok kalian. Carilah akun @nurulindriw. Niscaya kalian bakal menemukan VT alias Video TikTok yang bejibun. Semua tentang kehidupan pramugari.

Kalian bisa bertanya langsung kepada si empunya akun. Apa saja, mulai yang berat, sampai pertanyaan ringan-ringan saja. Bagi kalian yang ingin menjadi pramugari seperti pemilik akun yang karib disapa Indi itu, bisa minta tips.

7 dari 8 halaman

Indi bahkan pernah mengulas aktivitas para pramugari di dalam hotel setelah mendarat. Lengkap, mulai bangun tidur, dandan, sholat, hingga persiapan makan. Video itu untuk menjawab mereka yang penasaran dengan kegiatan pramugari di dalam hotel.

Baca juga: 6 Selebriti yang Menikahi Pramugari Cantik

Atau kalian yang masih penasaran dengan pakaian para pramugari, bisa bertanya. Indi tak keberatan menjawab. Buktinya, lewat VT yang diunggah 13 April lalu, Indi menjawab pertanyaan salah satu pengguna TikTok.

Pramugari Garuda© Instagram @garuda.indonesia

Dalam VT yang diunggah tiga bulan silam, Indi menjawab pertanyaan warganet yang penasaran dengan cara memakai rok pramugari maskapai Garuda.

Baca juga: Kisah Haru Mantan Pramugari 2 Kali Lolos Kecelakaan, Ibu Tetap Rawat Meski Nakal

" Mbk caranya pake roknya pramugari garuda gmn....? soalnya aq lihat kok kayak dilipet2," demikian pertanyaan itu.

8 dari 8 halaman

Kita boleh menganggap receh pertanyaan itu. Namun bagi si penanya mungkin sangat penting untuk mengetahui rahasia di balik rok pramugari Garuda yang selalu terlihat indah dan rapi itu.

Baca juga: Mukjizat Tuhan, Pramugari Cantik Ini Selamat Usai 2 Kali Kecelakaan Pesawat

Indi pun benar-benar menjawab pertanyaan itu dengan video apik. Dalam video itu diperagakan cara mengenakan rok pramugari Garuda yang simpel. Indi menjelaskan bahwa rok pramugari Garuda ada resleting dan pengait pada bagian pinggang.

" Tinggal pakai roknya, kaitkan, dan resleting. Simpel, kan?" demikian penjelasan dalam video yang sudah ditonton 5 juta kali tersebut.

Baca juga: Pesan Centang Satu Putra Pramugari Sriwijaya Air SJ182: `Mami Baik-Baik Aja Kan`

Bagi kalian yang masih penasaran, tak perlu repot mencari video itu. Kalian bisa lihat di bawah ini:

@nurulindriw Reply to @oyena74 ♬ Leave The Door Open - Bruno Mars & Anderson .Paak & Silk Sonic

 

 

Beri Komentar