Penjualan Produk Digital Mitra Tokopedia Lebih Tinggi dari Grosir, Biaya Pendidikan hingga E-Samsat Naik 4x Lipat

Reporter : Okti Nur Alifia
Jumat, 14 April 2023 08:47
Penjualan Produk Digital Mitra Tokopedia Lebih Tinggi dari Grosir, Biaya Pendidikan hingga E-Samsat Naik 4x Lipat
Tokopedia melalui ekosistem di aplikasi Mitra Tokopedia akan mengeliminasi fitur produk grosir di aplikasi, sejalan dengan penjualan produk digital yang lebih tinggi.

Dream - Tokopedia melalui ekosistem di aplikasi Mitra Tokopedia akan mengeliminasi fitur produk grosir di aplikasi, sejalan dengan penjualan produk digital yang lebih tinggi.

Penyesuaian ini juga beriringan dengan tujuan grup perusahaan Tokopedia, yaitu GoTo, dalam membangun bisnis yang tetap bertumbuh secara jangka panjang.

Tokopedia mencatat, penjualan produk digital di aplikasi Mitra Tokopedia, seperti pulsa, paket data, game voucher, dan token listrik, jauh lebih tinggi dibandingkan produk grosir, seperti sembako dan produk fisik lainnya.

“ Melihat data tersebut, kami memutuskan untuk menyesuaikan bisnis kami dengan mengeliminasi fitur pembelian oroduk grosir di aplikasi mitra Tokopedia,” kata Head of Mitra Tokopedia, Carlo Yudhistira Praditya dalam dalam siaran pers, Kamis 13 April 2023.

1 dari 2 halaman

Tokopedia akan memfasilitasi individu dan pemilik usaha untuk menjual 21 jenis produk digital dengan harga kompetitif, sehingga mereka bisa mendapatkan penghasilan lebih.

21 jenis Produk Digital tersebut dibagi atas tiga kategori, antara lain: 

  • Pembelian, yang mencakup 5 produk seperti pulsa dan voucher game. 
  • Dompet Digital, yang mencakup 3 produk seperti saldo dompet Gojek dan top up GoPay, 
  • Pembayaran, yang mencakup 13 produk seperti tagihan Tokopedia dan PDAM.
2 dari 2 halaman

Biaya Pendidikan, Internet dan TV Kabel, serta E-Samsat merupakan produk digital dengan pertumbuhan paling pesat di aplikasi Mitra Tokopedia pada kuartal I 2023 dibandingkan periode yang sama di tahun 2022, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 4x lipat.

Adapun Minahasa (Sulawesi Utara), Raja Ampat (Papua Barat) dan Manokwari Selatan (Papua Barat) menjadi beberapa wilayah dengan peningkatan transaksi produk digital paling tinggi di aplikasi Mitra Tokopedia pada kuartal I 2023, dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022, dengan rata-rata peningkatan sebesar lebih dari 5,5x lipat.

Beri Komentar