Cara Pertamina Amankan Stok BBM Jakarta Setelah Kilang Balongan Terbakar

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 29 Maret 2021 11:18
Cara Pertamina Amankan Stok BBM Jakarta Setelah Kilang Balongan Terbakar
Ini untuk menjamin distribusi BBM tidak terhambat akibat terbakarnya tangki penyimpanan di Kilang Balongan.

Dream - PT Pertamina (Persero) memastikan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) dalam kondisi aman. Terbakarnya Kilang Balongan tidak mempengaruhi distribusi.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, menjelaskan, pihaknya memiliki skenario operasi khususnya dalam kondisi emergency atau darurat. Sehingga, pasokan BBM dari Balongan akan diisi dari kilang-kilang lain.

" Kami optimalkan produk dari kilang-kilang lain dan memasok suplai yang selama ini mengandalkan Kilang Balongan yaitu Jakarta dan Cikampek," ujar Nicke dalam konferensi pers virtual, Senin 29 Maret 2021.

Selain itu, Pertamina fokus pada upaya pemadaman. Kondisi saat ini, kata Nicke, api sudah dapat dilokalisir pada tanggul buatan di sekitar kilang.

" Untuk pemadaman, kami menggunakan hole (tanggul) sehingga kami pastikan api tidak akan ke daerah sekitar. Kami juga melakukan pendinginan di area sekitar," kata dia.

1 dari 2 halaman

Bukan Kilang yang Terbakar

Nicke menyatakan fasilitas yang terbakar bukan kilang. Tetapi, tangki kode T301 yang fungsinya untuk menyimpan produk BBM.

" Yang terbakar bukan kilang, tapi tangki untuk menyimpan produk," ucap dia.

Karena terbakar, pihaknya akan menggunakan tangki lain dengan kapasitas yang sama yang juga ada pada Kilang Balongan. Pihaknya kini tengah fokus pada pemadaman.

" Jika ini (pemadaman) selesai, kondisi ini sudah aman sehingga kilang bisa kita operasikan kembali," kata Nicke.

2 dari 2 halaman

Stok BBM Nasional Aman

Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina, Mulyono, meminta masyarakat untuk tidak panik. Dia memastikan pasokan BBM secara nasional aman.

" Stok gasoline tersedia 10,5 juta barel, cukup untuk 20-28 hari ke depan," kata Mulyono.

Selain itu, kata Mulyono, cadangan solar saat ini tersedia sebanyak 8,8 juta barel. Sedangkan avtur tersedia 2,4 juta barel.

" Ini dipengaruhi kondisi belum normal sehingga konsumsi belum baik, sehingga stoknya sangat tinggi," kata dia.

Lebih lanjut, Mulyono mengatakan Balongan melayani pasokan BBM untuk Depo Pertamina Plumpang dan Cikampek. Dia menyebut untuk sementara potensi kehilangan produksi akibat kebakaran ini mencapai 400 ribu barel.

" Kira-kita kehilangan produksi sekitar 400 ribu barel, akan disuplai dari Kilang Cilacap dan TPPI (Tuban)," kata dia.

Beri Komentar