Pesan Sri Mulyani untuk Menkeu Baru

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 21 Oktober 2019 14:24
Pesan Sri Mulyani untuk Menkeu Baru
Satu hal ini diminta dari Sri Mulyani kepada penggantinya kelak.

Dream – Sri Mulyani Indrawati telah mengakhiri jabatannya sebagai Menteri Keuangan. Dia menitipkan pesan khusus bagi menteri keuangan yang baru pengganti dirinya.

Dikutip dari akun Instagram @smindrawati, Senin 21 Oktober 2019, Sri Mulyani berpesan bagi menteri keuangan di kabinet Jokowi jilid 2, untuk bekerja dengan hati.

“ Pesan saya kepada seluruh pegawai Kementerian Keuangan, siapa pun nanti yang dipilih presiden sebagai Presiden sebagai Menteri Keuangan, tetaplah fokus dalam menjalankan tugas dengan hati, dedikasi, pikiran, dan kecintaan kepada negara ini. Bekerjalah untuk tanah tumpah darah kita semua,” tulis dia.

Sri Mulyani juga berterima kasih kepada jajaran kementerian atas kerja sama dan dedikasinya selama menjabat sebagai menteri.

“ Kepada seluruh pegawai Kementerian Keuangan saya juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama, dedikasi, silaturahmi dan dukungan yang luar biasa selama saya menjadi Menteri Keuangan RI,” tulis dia.

1 dari 9 halaman

Pamitan

Selain wejangan, Sri Mulyani juga mengungkapkan momen “ pamitan” kepada Kementerian Keuangan. Dikatakan bahwa jabatannya berakhir pada Jumat 18 Oktober 2019.

Pada pagi hari, dia bersama anak buahnya berolah raga pagi, kemudian meluncurkan Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI) oleh Wapres di Kementerian Luar Negeri.

Siang harinya, para menteri Kabinet Kerja menghadiri undangan Silaturahmi Presiden dan Wakil Presiden di Istana Negara. Acara tersebut sekaligus perpisahan pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dengan Kabinet Kerja.

“ Sore harinya saya menghadiri undangan Menko Perekonomian untuk pertemuan dengan awak media Bidang Perekonomian,” tulis dia.

Selepas magrib, Sri Mulyani bertemu dengan wakil menteri keuangan, eselon I Kementerian Keuangan, dan jajaran kementerian. Dalam acara perpisahan ini, dia juga meminta maaf jika ada kesalahan selama bekerja.

“ Acara terakhir saya adalah menghadiri dan memberikan sambutan pada Konser Amal yg bertajuk “ MBLOC dan Buls Arena for Maluku” di MBLOC Jakarta Selatan. Acara untuk pengumpulan dana bagi Maluku tersebut menjadi acara terakhir saya di Kabinet Kerja. Sekitar pukul 23.05 WIB saya pulang ke kediaman,” tulis dia. 

2 dari 9 halaman

Ini Unggahannya

      View this post on Instagram

Jumat 18 Oktober 2019 adalah hari terakhir saya bekerja pada Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo Wakil Presiden Jusuf Kalla. Hari Jumat yang cerah itu diawali dengan Senam Bersama dalam rangka Hari Uang yang ke 73 bersama para pegawai Kemenkeu. Usai olah raga, acara pagi itu dilanjutkan dengan Peluncuran Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI) oleh Wapres di Kementerian Luar Negeri. Siang harinya, kami para Menteri Kabinet Kerja menghadiri undangan Silaturahmi Presiden dan Wakil Presiden di Istana Negara. Acara tersebut sekaligus perpisahan pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dengan Kabinet Kerja. Sore harinya saya menghadiri undangan Menko Perekonomian untuk pertemuan dengan awak media Bidang Perekonomian. Sesusai Magrib, saya bertemu dengan Wakil Menkeu, para Eselon I Kementerian Keuangan dan juga jajaran Kemenkeu yang mendukung tugas saya sehari-hari. Pada kesempatan tersebut, saya mengucapkan banyak terima kasih atas segala bantuan dan dukungan dalam menyelesaikan pekerjaan. Permohonan maaf juga saya sampaikan apabila ada kesalahan yang saya perbuat baik atas nama pribadi maupun keluarga. Acara terakhir saya adalah menghadiri dan memberikan sambutan pada Konser Amal yg bertajuk “MBLOC dan Buls Arena for Maluku” di MBLOC Jakarta Selatan. Acara untuk pengumpulan dana bagi Maluku tersebut menjadi acara terakhir saya di Kabinet Kerja. Sekitar pukul 23.05 WIB saya pulang ke kediaman. Pesan saya kepada seluruh pegawai Kementerian Keuangan, siapapun nanti yang dipilih Presiden sebagai Menteri Keuangan, tetaplah fokus dalam menjalankan tugas dengan hati, dedikasi, pikiran dan kecintaan kepada negara ini. Bekerjalah untuk tanah tumpah darah kita semua, Indonesia tercinta. Kepada seluruh pegawai Kementerian Keuangan saya juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama, dedikasi, silaturahmi dan dukungan yang luar biasa selama saya menjadi Menteri Keuangan RI. Jakarta, 18 Oktober 2019

A post shared by Sri Mulyani Indrawati (@smindrawati) on

3 dari 9 halaman

Prediksi Susunan Kabinet Menteri Jokowi-Ma'ruf Amin

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera memperkenalkan para menterinya. Ia memastikan sudah merampungkan susunan kabinet untuk periode kedua pemerintahannya.

" Sudah rampung, besok pagi (hari ini) diumumkan," kata Jokowi di Jakarta, Minggu kemarin.

Namun Mantan Gubernur DKI Jakarta tidak menyebutkan jam pasti para menteri itu akan diumumkan. Dia hanya mengungkapkan, setelah dikenalkan, para menterinya akan segera dilantik dalam waktu dekat.

Berikut prediksi susunan kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin dikutip dari laman Liputan6.com;

4 dari 9 halaman

Menteri Muda

Presiden Jokowi beberapa kali menyampaikan bakal memilih anak muda untuk menjadi menteri dalam periode keduanya. Sinyal adanya menteri muda yang akan duduk di kabinet juga disampaikan pendamping Jokowi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

" Saya kira karena Pak Jokowi sudah membuat pernyataan bahwa nanti akan ada menteri-menteri yang muda. Bahkan beliau nyebut umur 25-30 ya. Itu artinya berarti akan ada menteri, dan ini kan hak prerogatif Presiden," kata Ma'ruf.

Meski belum mengumumkannya secara pasti, sejumlah nama kerap kali disebut sebagai calon menteri muda Jokowi.

5 dari 9 halaman

Wajah Lama

Sejumlah nama menteri kabinet kerja saat ini diprediksi mempunyai kans besar untuk kembali dipilih oleh Jokowi sebagai menteri.

Terlebih, mantan Wali Kota Solo itu pernah menyatakan ada beberapa menteri yang tetap dipertahankan untuk kabinet periode kedua. Terkait posisinya, Jokowi tak menyebut secara gamblang.

Namun tak sembarang. Menteri yang bertahan adalah menteri yang implementasi kebijakannya jelas.

 

6 dari 9 halaman

Komposisi Profesional dan Parpol

Jokowi juga pernah mengatakan bahwa komposisi dari partai politik memiliki porsi yang lebih kecil yaitu 45 persen. Sehingga menteri dari kalangan profesional sebesar 55 persen.

7 dari 9 halaman

Banyak Wajah Baru

Jokowi juga menyebut kabinet periode kedua pemerintahannya akan banyak diisi oleh wajah baru. Namun, dia mengaku tetap akan mempertahankan sejumlah menteri Kabinet Kerja periode 2014-2019.

8 dari 9 halaman

Menteri Asal Papua

Jokowi juga memastikan akan ada orang asli Papua yang masuk jajaran menteri kabinet periode kedua bersama Ma'ruf Amin. Namun, Jokowi enggan mengungkapkan berapa tokoh asli Papua yang akan mengisi pos kementerian.

9 dari 9 halaman

Nomenklatur Baru

Selain menteri baru, Jokowi Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan perubahan nomenklatur kementerian di periode keduanya sebagai presiden. Perubahan itu antara lain terjadi di 10 kementerian.

(Sumber: Liputan6.com)

Beri Komentar
Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal