Pesawat Kecil Dilarang Beroperasi di Bandara Soetta?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 2 November 2016 09:13
Pesawat Kecil Dilarang Beroperasi di Bandara Soetta?
Pesawat berbadan kecil harus transit ke beberapa bandara di luar negeri.

Dream – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, berwacana akan melarang pesawat kecil beroperasi di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Banten, dan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Pemerintah ingin menjadikan dua bandara internasional ini sebagai hub penerbangan internasional.

Pemerintah mengambil langkah ini karena banyak rute penerbangan internasional yang bisa digarap beberapa maskapai untuk penerbangan langsung melalui kedua bandara tersebut.

”Soekarno-Hatta dan Ngurah Rai akan kami jadikan hub. Jadi, ini sejalan lurus dengan rencana kami untuk mendatangkan 20 juta wisataan asing pada beberapa tahun yang akan datang,” kata Budi Karya di Jakarta, dilansir dari Merdeka.com, Rabu 2 November 2016.

Pemerintah berharap jika rencanaini terealiasasi, kunjungan turis ke dalam negeri bisa terdongkrak.

“ Pesawat kecil seperti Bombardier dan ATR mendarat di dua bandara ini. Seharusnya, (pesawat kecil ini) digunakan untuk penerbangan di kota lain untuk penerbangan domestik lainnya melalui bandara lain,” kata mantan direktur utama PT Angkasa Pura II (Persero).

Budi Karya mencontohkan maskapai Lion Group yang menjadikan Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah, menjadi hub penerbangan baru. Dia mengharapkan jejak ini diikuti oleh maskapai penerbangan lainnya.

“ Jadi di satu sisi, slot di kedua bandara itu tidak padat. Di sisi lain, (perekonomian) di kota-kota yang dijadikan hub akan meningkat,” kata dia.(Sah)

Beri Komentar
5 Kiat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Biar Nggak Gampang Sakit Bersama Tolak Angin