Raih Tokoh Syariah 2022, Erick Thohir Sebut 3 Kunci Ekonomi Halal RI Bakal Maju

Reporter : Editor Dream.co.id
Kamis, 15 September 2022 19:36
Raih Tokoh Syariah 2022, Erick Thohir Sebut 3 Kunci Ekonomi Halal RI Bakal Maju
Erick Thohir berharap pembangunan ekonomi syariah tidak hanya melibatkan sisi emosional tapi juga profesionalitas dari pihak-pihak yang terlibat di dalamnnya.

Dream - Menteri BUMN yang juga menjabat Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Erick Thohir mendapat penghargaan sebagai Tokoh Syariah Indonesia dalam ajang Investor Best Syariah Award 2022. Erick dinilai berkontribusi dalam mendorong perkembangan ekonomi syariah di Tanah Air.

" Ekonomi syariah nasional punya potensi besar di pentas global. Karena itu Perlu dimanage oleh profesional keuangan Islam nasional yang standarnya juga harus standar global," ujar Erick di sela Investor Best Syariah Awards 2022, Kamis, 15 September 2022.

Erick meyakini target besar pemerintah untuk menjadikan Indonesia pusat dari ekosistem syariah dunia dapat tercapai. Setidaknya Indonesia sudah memiliki modal sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar yang dapat menjadi kekuatan utamanya.

Namun, lanjutnya, syarat menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah terletak pada tiga hal. yang harus bisa diwujudkan sejumlah pihak. Syarat pertama adalah agresif menyampaikan ke dunia luar bahwa Indonesia mempunyai market yang besar.

" Kedua pembangunan industri halalnya mesti terus ditingkatkan, dan yang ketiga good corporate governance dalam pengelolaan ekonomi syariah nasional," ujar Erick.

 

1 dari 2 halaman

BSI Bukti Nyata

Salah satu upaya itu telah dilakukan BUMN dengan penerapakan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) oleh PT Bank Syariah Indonesia Tbk. Bank hasil merger unit usaha syariah bank BUMN ini dianggap sudah bisa bersaing dengan bank konvensional level regional.

" Keberpihakan policy pemerintah terlihat jelas dalam percepatan industri keuangan syariah ini. Kebijakan yang tak sekadar aturan tapi mendorong impelementasi (tumbuhnya ekosistem syariah)," ujar Erick.

Di sisi lain, Erick juga menyadari pelrunya peran masyarakat dalam mendorong semakin bertumbuhnya ekonomi syariah tak kalah penting.

 

2 dari 2 halaman

Jangan Emosional Sekadar Islamnya

Meski diakui masih baru, ekonomi syariah yang terus tumbuh memiliki potensi besar.

" Karena itu saya mendorong para pesentren, ulama, muslimperneur harus menjadi bagian (ekosistem) ini," ujar Erick.

Lebih jauh Erick berharap membangun ekonomi syariah ini tak sekadar dilakukan secara emosional dengan hanya mengedepakan faktor Islam saja. Semua pihak yang terlibat juga harus mengedepankan aspek profesionalisme dan standar tinggi. yang akan menciptakan keberlanjutan (sustainability) ekonomi syariah nasional.

" Jangan justru hanya karena pemerintah berpihak tetapi tidak sustain, akhirnya contoh institusi keuangan islam yang sudah didorong sejak 1990-an banyak yang tidak berkembang. Di era baru sekarang harus berkembang," kata Erick menegaskan.

Beri Komentar