Riset: 85,6% Keuangan Anak Muda Muda dalam Kondisi `Kurang Sehat`

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Senin, 23 Agustus 2021 13:35
Riset: 85,6% Keuangan Anak Muda Muda dalam Kondisi `Kurang Sehat`
Tingkat literasi keuangan generasi muda Indonesia masih lebih rendah dibandingkan negara tetangga, terutama Singapura.

Dream - Sahabat Dream masih ingat konten pemuda yang gagal menikah karena tabungannya habis akibat investasi crypto currency? Meski fakta isi kontennya masih diragukan, video tersebut memberikan pelajaran berharga tentang pentingnya mengelola uang. Bukan sekadar ikut tren atau tergiur dengan untung besar.  

Tingkat literasi keuangan yang sedikit merupakan alasan utama gagalnya investasi yang dilakukan anak muda. Mengikuti tren investasi namun kurang informasi dalam pengambilan keputusan yang berhubungan dengan aspek keuangan ini bisa berdampak fatal bagi kesehatan finansial di usia muda.

Hasil riset OCBC NISP Financial Fitness Index menunjukkan generasi muda Indonesia menjadi salah satu yang memiliki literasi keuangan yang kalah dibandingkan negara lain di kawasan Asia Tenggara. Rata-rata kesehatan finansial anak muda Indonesia hanya mencapai 37,72, jauh dibandingkan Singapura yang mencapai 61.

OCBC© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Riset tersebut juga menunjukkan hanya 14,3 persen anak muda yang terlihat berusaha menuju “ sehat” finansial. Namun angka tersebut masih jauh untuk dikatakan ideal.

Kondisi rendahnya kesehatan keuangan generasi muda Indonesia salah satunya dikarenakan pemahaman yang masih tidak tepat dan lengkap terkait kekayaan, investasi dan cara mengelola keuangan.

“ Riset OCBC NISP Financial Fitness Index menunjukan 85,6% generasi muda terlihat “ kurang sehat” secara finansial dan perlu segera melakukan check-up, sisanya terlihat “ sehat” namun ternyata PR-nya masih banyak.,” jelas Ka Jit, Direktur Bank OCBC NISP pada konferensi pers Paparan Studi Riset OCBC Financial Fitness Index pada 22 Agustus 2021.

1 dari 6 halaman

Cara Meningkatkan Literasi Keuangan

Sebelum mendalami segala ilmu tentang keuangan. Generasi muda harus segera melakukan Financial Fitness Check Up terlebih dahulu. Pemeriksaan menyeluruha ini sebagai langkah awal untuk memperbaiki kesehatan finansial dan menghindari sikap asal ikut tren keuangan atau ajakan investasi teman yang belum tentu tepat.

Banyak Financial Check Up yang hadir dari berbayar hingga gratis salah satunya situs www.ruangmenyala.com yang gratis. Situs ini juga menjanjikan kerahasiaan pengguna karena tanpa perlu menginformasikan pendapatan dan pengeluaran.

Selain itu, untuk membantu generasi muda memperbaiki kesehatan finansial, solusi Nge-Gym Finansial dari OCBC NISP juga menyediakan solusi pendampingan keuangan, mulai dari NYALA Financial Fitness Coaches, Komunitas meNYALA, platform edukasi Ruang MeNYALA dan Financial Fitness Gym.

OCBC© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Saatnya generasi muda untuk bangkit dan bukan sekedar mau tapi mampu meraih kesehatan finansial mereka. Kami ajak mereka untuk ikuti program Nge-Gym Finansial dari OCBC NISP dimulai dengan melakukan Financial Fitness Check Up” tambah Ka Jit.

Sudah ada 80 kelas Nge-Gym Finansial, 4.000 anggota komunitas dan coach finansial, 250 konten video, podcast dan guidebook yang siap untuk dukung generasi muda. Yuk tingkatkan literasi keuangan agar lebih berdaya secara finansial.

© Dream
2 dari 6 halaman

Tips Mengelola Keuangan bagi 'Generasi Sandwich'

Dream - Generasi sandwich banyak ditemui di Indonesia. Generasi ini merupakan generasi dewasa yang harus menanggung hidup tiga generasi, yaitu orang tua, diri sendiri, dan sang anak. Kategori generasi ini umumnya berkisar usia 30-60 tahun.

Pendapatan generasi sandwich biasanya habis karena menanggung banyak hal. Mengelola keuangan menjadi hal yang penting agar pendapatan tidak habis begitu saja.

Nyala© Ferdike/ Dream

“ Di Indonesia ilmu tentang finansial sangatlah rendah. Banyak juga generasi sandwitch yang tidak bisa menabung dan menyiapkan bekal keuangan di masa depan,” jelas Amir Widjaja, Marketing Comunication Division Head, pada konferensi virtual Nyala OCBC, Rabu 7 Juli 2021.

Jangan sampai penghasilan setiap bulannya habis untuk membiayai keluarga besar yang menjadi tanggungan dan melupakan tabungan masa tua. Sebelum terlambat yuk simak tips berikut.

 

3 dari 6 halaman

1. Ubah Gaya Hidup

Lifestyle© Shutterstock

Gaya hidup yang berlebihan dan tidak sesuai penghasilan dapat menjadi beban di kehidupan loh. Jangan sampai hanya karena kesenangan sesaat, uangmu habis untuk membeli barang yang kurang bernilai.

Jadikan berhemat sebagai sebuah kebiasaan. Sahabat Dream bisa memulainya dengan hal-hal kecil seperti kurangi penggunaan kartu kredit atau menolak tawaran teman untuk nongkrong atau berbelanja.

© Dream
4 dari 6 halaman

2. Mulai Investasi Kecil

Investasi© Shutterstock

Kalau mendengar kata investasi, banyak yang berpikir bahwa prosesnya susah atau nanti saja kalau udah mapan.

Investasi kerap kali dikaitkan dengan modal yang besar. Padahal kita semua bisa memulai investasi dari hal-hal yang kecil.

“ Jangan pikir investasi harus punya banyak uang dulu. Kita bisa start small misal dari reksadana dan tabungan.” tambah Amir.

5 dari 6 halaman

3. Bedakan Rekening

Shutterstock© Shutterstock

Buatlah rekening khusus untuk menampung uang tabungan yang tidak bisa disentuh deposito berjangka. Deposito ini akan sangat berguna untuk tujuan-tujuan tertentu seperti menabung untuk membeli rumah, kendaraan atau lainnya yang membutuhkan biaya besar.

Membedakan rekening ini dapat melindungi uang tabungan dari penggunaan untuk pemenuhan kebutuhan harian dan keborosan membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

“ Banyak orang yang salah kaprah tentang tabungan. Tabungan bukan rekening untuk transfer-transfer dana tapi benar-benar tabungan diluar dana darurat” tambah Amir.

© Dream
6 dari 6 halaman

4. Cari Ilmu dari Kelas Finansial

Ikut kelas finansial bisa jadi cara Sahabat Dream untuk mengelola uang lebih baik lagi.

Sejalan dengan hal ini, OCBC NISP menghadirkan Nge-Gym Finansial sebuah rangkaian kelas Financial Fitness.

Rangkaian kelas ini membahas solusi dari isu dan permasalahan finansial yang sering dialami sesuai kondisi saat ini dan didukung juga dengan solusi program pendampingan yang komprehensif.

Kelas yang hadir mulai dari Nyala Financial Fitness Coaches, Komunitas Ruang meNYALA, platform edukasi www.ruangmenyala.com dan Ruang MeNYALA Financial Fitness Gym.

Sebelum mengikuti Kelas Financial Fitness, Sahabat Dream dapat melakukan Financial Fitness Quick Check-up untuk mendapatkan pemahaman seberapa fit pengelolaan keuangan kamu saat ini.

“ Yang membedakan kelas Financial Fitness ini dengan kelas edukasi lainnya adalah topik yang dihadirkan mulai dari pengetahuan dasar sampai yang advance dan ada sesi praktek langsung bersama para coach dan juga bimbingan setelah kelas berlangsung” tutup Amir.

Beri Komentar