Salah Pakai Alas Kaki, Peserta Tes CPNS Pinjam Sepatu Satpam

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 10 September 2021 14:12
Salah Pakai Alas Kaki, Peserta Tes CPNS Pinjam Sepatu Satpam
Peserta tes CPNS itu malah pakai sepatu yang ini, padahal seharusnya…

Dream – Peserta tes CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) 2021 harus mengikuti berbagai persyaratan baru saat mengikuti seleksi di masa PPKM saat ini. Beberapa peraturan standar juga tetap diberlakukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). 

Salah satu aturan yang wajib dipatuhi peserta tes CPNS 2021 saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) mengatur soal atribut pakaian.

Dikutip dari akun Facebook @BKNgoid, Jumat 10 September 2021, peserta tes CPNS ini wajib mengikuti atribut pakaian sesuai syarat masing-masing instansi. Salah satunya adalah memakai pantofel berwarna hitam.

“ #SobatBKN, penting kiranya untuk kalian yang menjadi peserta SKD agar selalu memperhatikan atribut pakaian sesuai dengan syarat yang telah disampaikan oleh masing-masing instansi,” tulis BKN.

1 dari 4 halaman

Sekuriti Jadi `Penolong`

Mungkin karena kebiasaan atau lupa membaca  aturan tersebut, masih saja ada peserta yang lupa dengan aturan yang disyaratkan. Seperti seorang peserta yang satu ini.

Dia datang ke lokasi ujian dengan sneaker hitam namun solnya berwarna putih. Karena dianggap tidak sesuai aturan, peserta ini mempunyai ide untuk mengatasi masalahnya.

Peserta seleksi CPNS 2021 itu memutuskan meminjam sepatu dari salah seorang sekuriti yang bertugas.

“ Kalau sudah begitu, petugas sekuriti harus rela bekerja dengan separtu kalian yang terkadang kekecilan. Terbayang, kan, bagaimana mereka bertugas dengan sepatu yang tak sesuai dengan ukuran kaki mereka,” tulis BKN.

Instansi pemerintah ini meminta peserta untuk tidak meremehkan syarat-syarat yang diberikan.

“ Perhatian pada hal kecil merupakan suatu bentuk keseriusanmu dalam menghadapi tes seleksi CASN yang kamu hadapi. Yuk persiapkan semuanya semaksimal mungkin,” tulis BKN.

© Dream
2 dari 4 halaman

Warganet Keberatan

Mengenai syarat sepatu, ada sebagian warganet yang keberatan dengan syarat tersebut. Bahkan, mereka menyebut aturan sepatu hitam itu aneh.

“ Tolong dijelaskan. Menurut informasi yang disampaikan kemarin, sepatu cukup berwarna hitam. Artinya walaupun sneaker, kalau hitam ya nggak apa-apa dong,” tulis Fariz.

“ Agak ribet juga ya min. Konon masalah sepatu saja jadi bahan pertimbangan untuk tes,” tulis Febi Sa.

“ Peraturannya juga aneh. Kita disuruh sepatu hitam. Tapi, sampai di pintu pemeriksaan semuanya pada disuruh lepas, termasuk sepatu hitam yang menjadi persyaratan,” tulis Fahru Rozi.

3 dari 4 halaman

ASN Harus Disiplin

Ada juga warganet yang menyayangkan orang-orang yang “ protes” ke panitia soal masalah berpakaian. Warganet ini menilai sebaiknya peserta patuh kepada aturan yang telah ditetapkan.

“ Belum jadi abdi negara sudah nggak disiplin, gimana kalau jadi,” tulis Atang Chris.

“ Kalau nggak mau ikut aturan tes, ya, nggak usah ikut tesnya lah. Masih banyak orang lain yang bersedia mengikuti aturan tes. Jadi ASN nanti juga bakal banyak terikat kode etik dan disiplin, lho,” tulis Mark Marco.

“ Miris banget dengan orang yang protes ini itu ke panitia, apalagi cuma masalah peraturan berpakaian. Kalau benar-benar serius mau jadi ASN, ya, harus patuh dong sama peraturannya. Nanti kalau berhasil jadi ASN pun semakin banyak peraturan yang harus diikuti. Belajarlah dari hal-hal kecil. Sedangkan peraturan sesederhana ini masih disepelekan, mau jadi ASN model gimana nantinya,” tulis Tirsa Andrea.

© Dream
4 dari 4 halaman

Beri Komentar