Menguntit Hollywood dan KPop, Industri Kreatif RI Terbesar Ketiga Dunia

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Senin, 17 Januari 2022 12:12
Menguntit Hollywood dan KPop, Industri Kreatif RI Terbesar Ketiga Dunia
Di tingkat dunia, kontribusi industri ekonomi kreatif Indonesia terhadap produk domestik bruto (PDB) berada di posisi tiga besar

Dream - Pembatasan aktivitas karena pandemi Covid-19 mengakibatkan turunnya angka penjualan dan sempitnya lapangan pekerjaan. Strategi penghematan terpaksa ditempuh para pebisnis untuk tetap mempertahankan usaha di tengah tekanan ini. 

Berbagai strategi seperti menurunkan produksi dan mengurangi jumlah karyawan (PHK) bahkan terpaksa ditempuh.

Keadaan penuh tantangan ini juga menjadi momentum bagi para korban PHK untuk terus berinovasi dan mencari bidang yang tertarik untuk ditekuni, salah satunya industri kreatif.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Indonesia memiliki potensi industri kreatif yang luar biasa, termasuk di Indonesia Timur. Di tingkat dunia, kontribusi industri ekonomi kreatif Indonesia terhadap produk domestik bruto (PDB) berada di posisi tiga besar, setelah Amerika Serikat dengan industri Hollywood dan Korea Selatan dengan K-popnya,” jelas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno pada konferensi virtual Lokalate The Future of Youth in Eastern Indonesia, Jumat 14 Januari 2021.

Sandiaga menambahkan bahwa ekonomi kreatif di Indonesia berperan besar dalam menciptakan lapangan kerja. Kontribusi terbesar berasal dari sektor kuliner sebanyak 41,5 persen, disusul sektor fashion 17,5 persen, dan kriya atau kerajinan tangan sebesar 15 persen.

1 dari 2 halaman

Bangkit di Masa Pandemi

“ Saya mengajak kita semua untuk bangkit dari tantangan di masa pandemi ini, termasuk bagi teman-teman di Indonesia Timur, karena Indonesia Timur punya peluang yang luar biasa untuk sektor ekonomi kreatif,” tambah Sandiaga.

Sandiaga Uno menambahkan bahwa pemerintah ingin mendorong pelaku-pelaku kreatif untuk melakukan strategi inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia serta kolaborasi dari berbagai sektor maka akan mendukung kebangkitan sektor ekonomi kreatif dan pariwisata di Indonesia.

“ Mari kita Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama), dan Gaspol (Garap Semua Potensi Online),” tambah Sandiaga Uno.

2 dari 2 halaman

Kegiatan Gali Potensi untuk Dukung Sektor Ekonomi

Salah satu kolaborasi untuk menggali potensi para generasi muda untuk dukung sektor ekonomi adalah LOKALATE Ngopinspirasi Summit 2022.

Rangkaian Festival Kampus Indonesia Timur yang terdiri dari berbagai sesi pelatihan dan talkshow virtual, ditujukan untuk menginspirasi anak-anak muda Indonesia, khususnya anak muda di wilayah Indonesia Timur untuk berani bermimpi besar dan mengembangkan potensi diri terbaik mereka untuk mendukung perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia Timur.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Kami berharap semakin banyak anak muda di Indonesia Timur yang terinspirasi untuk berani bermimpi besar dan mendapatkan tools yang tepat untuk meningkatkan kompetensi diri mereka sebagai calon pemimpin masa depan, baik sebagai entrepreneur maupun professional,” jelas Mardi Wu, CEO Nutrifood pada kesempatan yang sama.

Beri Komentar