Selama Ramadan, Ini Produk Fesyen Muslim yang Paling Dicari dan Miliki Jumlah Transaksi Tertinggi

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Sabtu, 1 April 2023 19:46
Selama Ramadan, Ini Produk Fesyen Muslim yang Paling Dicari dan Miliki Jumlah Transaksi Tertinggi
Permintaan terhadap industri tekstil meningkat 30% pada Ramadan 2022 dibandingkan 2021

Dream - Bulan Ramadhan identik dengan silaturahmi. Hal ini cenderung mengubah pola konsumsi masyarakat termasuk dalam pakaian.

Kegiatan bukber hingga Lebaran mendorong masyarakat lebih banyak belanja pakaian. Terbukti dari data Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) bahwa permintaan terhadap industri tekstil meningkat 30% pada Ramadan 2022 dibandingkan 2021.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Di Tokopedia, selama Ramadan 2022, Fesyen (termasuk Fesyen Muslim) menjadi salah satu kategori produk yang paling banyak dicari dan memiliki jumlah transaksi tertinggi,” kata Category Development Senior Lead Tokopedia, Aldhy Darmayo pada acara Tokopedia Hadirkan Ramadan in Style 2023, Jumat 31 Maret 2023.

1 dari 3 halaman

Penjualan Gamis/Kaftan Naik 2,5x, Baju Koko 3,5x

Memasuki awal Ramadan 2023, tren belanja produk fashion muslim lewat Tokopedia menunjukkan peningkatan pesat. Fesyen, termasuk Fesyen Muslim, menjadi salah satu kategori yang paling banyak diburu masyarakat selama awal Ramadan 2023. Tren ini sama seperti tahun lalu.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Berbagai produk fashion muslim mengalami peningkatan transaksi yang signifikan di Tokopedia. Blus muslim meningkat 2x lipat, gamis dan kaftan masing-masing 2,5x lipat, baju koko 3,5x lipat dan baju muslim keluarga 4x lipat,” tambah Aldhy.

 

2 dari 3 halaman

Peningkatan Jumlah Penjual

Berkat inisiatif Hyperlocal dan berbagai manifestasinya, seperti Dilayani Tokopedia terjadi peningkatan tertinggi jumlah penjual produk fashion muslim selama awal Ramadan 2023 di Tasikmalaya (Jawa Barat), Bandung (Jawa Barat), Cirebon (Jawa Barat), Surakarta (Jawa Tengah) dan Surabaya (Jawa Timur) dengan rata-rata peningkatan hampir 1,5 kali lipat.
 
Peningkatan tertinggi jumlah pembeli produk fesyen muslim di awal Ramadan 2023 terjadi di Banyuwangi (Jawa Timur), Serang (Banten), Balikpapan (Kalimantan Timur), Makassar (Sulawesi Selatan) hingga Medan (Sumatera Utara) dengan rata-rata peningkatan hampir 2 kali lipat.
 
Sedangkan Banyuwangi (Jawa Timur), Subang (Jawa Barat), Balikpapan (Kalimantan Timur), Bandar Lampung (Lampung) dan Makassar (Sulawesi Selatan) menjadi wilayah dengan peningkatan transaksi produk fashion muslim tertinggi dengan rata-rata peningkatan 2 kali lipat.

 

3 dari 3 halaman

Ramadan in Style

Untuk mengakomodasi tingginya kebutuhan masyarakat akan produk fashion khususnya fashion muslim, Tokopedia berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis termasuk pelaku usaha lokal fashion muslim dalam menghadirkan kampanye Ramadan in Style hingga 18 April 2023.
 
Ramadan in Style menjadi panggung bagi pelaku usaha lokal fesyen muslim perempuan maupun laki-laki untuk memaksimalkan penjualan di Ramadhan, contohnya Ria Miranda, Fatih Indonesia, ZM Zaskia Mecca dan brand lainnya.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream


 
“ Sejak bergabung dengan Tokopedia pada 2018, bisnis Ria Miranda makin maju dan dikenal lebih banyak orang. Di awal tahun 2023, penjualan Ria Miranda di Tokopedia naik sekitar 127%, dibandingkan periode yang sama di tahun 2022,” papar Yaya.

Ria Miranda kini bahkan bisa memberdayakan hampir 200 karyawan. Sama halnya dengan Ria Miranda, brand baju muslim ZM Zaskia Mecca sukses berdayakan Lebih dari 2.000 pekerja.

Beri Komentar