Siapa Suka Bohong Soal Utang, Pria atau Wanita?

Reporter : Syahid Latif
Senin, 17 Agustus 2015 15:00
Siapa Suka Bohong Soal Utang, Pria atau Wanita?
Perasaan malu atau bersalah membuat mereka memilih menyembunyikan masalah keuangan.

Dream - Bagi sebagian orang berutang adalah hal paling memalukan yang sebisa mungkin dirahasiakan. Padahal kenyataannya, mereka sudah terjebak terlalu dalam di jurang utang.

Meski terjadi di negara orang, sebuah survei terbaru dari Money MoneySuperMarket menemukan dari 2.000 orang dewasa Inggris, hampir separuhnay menutup rapat masalah keuangan mereka. Perasaan malu dan bersalah membuat mereka melakukan hal itu.

Sekitar sepertiga diantaranya berusaha berbohong mengenai kondisi tabungannya.

Preeeti Harrison Brambi, pendiri situs keuangan pribadi, MoneyCamel.com seperti dikutip Gulfnews, Senin, 17 Agustus 2015 mengatakan temuan ini tak terlalu mengejutkan.

Bahkan mereka pernah menemukan baik suami maupun istri seringkali berbohong soal keborosan atau pengeluaran tak perlu yang dilakukannya.

" Hampir semua orang menyembunyikan utangnya dari teman dan berpura-pura sanggup membiayai gaya hidupnya. Ini sebetulnya membuat masalah keuangan makin peluk," kata Bhambri.

Dalam survei itu ditemukan fakta jika wanita (37%) lebih banyak berbohong soal masalah keuangan dibandingkan pria (29%).

Secara keseluruhan, orang yang terlilit utang lebih suka menyembunyikan masalahnya dari keluarga (23%), teman (18%), dan pasangan (15%).

" Utang tak hanya bisa memicu stres ada tapi juga orang-orang disekelilingnya," ujar Kevin Mountford, head of banking dari MoneySupermarket.

Situs ini menemukan jika alasan utama dibalik kebohongan para pengutang adalah perasaan bersalah dan malu, diikuti stres. Sebanyak 1 dari 10 orang merasa pasangan, teman, atau keluarga akan marah atau tak setuju dengan kondisi keuangan mereka. (Ism)

Beri Komentar