Survei: 46% Responden Yakin Sudah Kelola Keuangan, tapi Cuma 3% Punya Investasi

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Selasa, 2 November 2021 07:36
Survei: 46% Responden Yakin Sudah Kelola Keuangan, tapi Cuma 3% Punya Investasi
Makin mudah mulai investasi dan menyimpan dana darurat

Dream - Hasil riset Financial Fitness Index oleh OCBC NISP menemukan 46 persen responden mengaku sudah percaya diri dengan perencanaan finansial mereka. Namun tingkat kepercayaan diri tersebut belum diikuti dengan persiapan dana darurat maupun investasi yang masih minim dipersiapkan. 

Fakta dari survei yang sama menunjukan hanya 16 persen dari responden tersebut yang mengaku sudah memiliki dan menyiapkan dana darurat. Sementara  hanya 3 persen dari responden yang mengaku sudah memiliki produk investasi.

Direktur Bank OCBC NISP, Ka Jit dalam keterangan tertulisnya mengatakan Indonesia masih memiliki pekerjaan bersama untuk membangun generasi yang kuat secara finansial. Upaya itu bisa dilakukan jika ada dukungan dari aplikasi digital banking yang memadai,

" Jadi OCBC NISP hadirkan pembaharuan dari ONe Mobile,” jelas Ka Jit, baru-baru ini.

Aplikasi digital banking selama masa pandemi telah diakui membantu memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan sehari-hari. Meski telah dirasakan manfaatnya, kurangnya literasi keuangan khususnya terkait pengelolaan keuangan masyarakat Indonesia diakui masih rendah.

OCBC© Youtube: OCBC

Menurut Ka Jit, kondisi keuangan pribadi yang kuat membutuhkan keseimbangan dalam pengelolaan keuangan. Tak hanya soal menabung, masyarakat juga perlu disosialisasikan terkait dana darurat, asuransi, sampai dengan investasi.

1 dari 1 halaman

Simpan Dana Darurat

Kebutuhan dana darurat yang bersifat antisipatif sangat dibutuhkan sebagai penyelamat saat terjadi hal yang tak dirancakan. Dana darurat sebaiknya disimpan di tabungan terpisah agar tidak tergoda untuk memakainya.

OCBC© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Beragam inovasi juga dilakukan perbankan untuk merangsang perencanaan dana darurat. Dengan perbaruan ONe Mobile, OCBC NISP mengeluarkan program persiapan dana darurat melalui instrumen tabungan berjangka, reksadana pasar uang, dan deposito tenor pendek mulai dari Rp1juta.

Selain itu, aplikasi One Mobile juga tengah diperbarui dengan fitur Investasi dengan nominal yang tak terlalu besar. Nasabah bisa memiliki investasi seperti Tabungan Berjangka, Obligasi, Reksadana hanya mulai Rp20 ribu yang bisa dibeli harian, mingguan, bulanan.

" Dan bisa bandingkan 3 produk reksadana sekaligus sebelum memutuskan membeli produk yang diinginkan,” tambah Ka Jit.

Beri Komentar