Sosok Menteri di Kabinet Kerja yang Dipuji Jokowi Berkarier Sukses

Reporter : Syahid Latif
Rabu, 15 September 2021 10:12
Sosok Menteri di Kabinet Kerja yang Dipuji Jokowi Berkarier Sukses
"Ia seorang insinyur teknik fisika nuklir yang menjadi bankir," kata Presiden Jokowi

Dream - Presiden Joko Widodo mengingatkan perguruan tinggi untuk memberikan peluang bagi mahasiswa mengembangkan talenta yang dimilikinya. Harapan ini disampaikan dengan mengambil contoh sosok Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Menurut Jokowi, Budi Gunadi adalah salah satu contoh seseorang yang bisa berkarier jauh dari ilmu yang diperolehnya semasa kuliah.

" Ia seorang Insinyur Teknik Fisika Nuklir yang menjadi bankir," tulis Jokowi dalam unggahannya saat memberikan sambutan di Pertemuan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia di Universitas Sebelas Maret, Kota Surakarta baru-baru ini.

Jokowi mengatakan kariernya Menkes pilihannya melesat sampai puncak kala berkarier di dunia perbankan. Posisi tertingginya adlah sebagai Dirut PT Bank Mandiri Tbk yang merupakan salah satu bank pemerintah terbesar.

" Dan sekarang, Pak Budi melompat lagi menjadi Menteri Kesehatan," lanjut presiden.

 

1 dari 1 halaman

Harapan Presiden ke Perguruan Tinggi

Presiden Joko Widodo singgung sosok Menkes© Instagram

Belajar dari perjalanan Menkes, Jokowi menyiratkan pesan kepada dunia pendidikan tinggi agar memfasilitasi para mahasiswa untuk mengembangkan talentanya dan mengubah pola-pola lama agar dapat mengatasi perubahan dunia.

Presiden juga meminta perguruan tinggi untuk memfasilitasi para mahasiswa untuk mengembangkan talenta yang belum tentu sesuai dengan pilihan program studi, jurusan, maupun fakultas.

Sering kali pilihan studi jurusan, dan fakultas yang dipilih mahasiswa tidak selalu berdasarkan pada talenta. Kadang kala ketidakcocokan itu baru terasa saat mahasiswa menjalani kuliah.

Tak menyarankan mahasiwa yang `salah arah` untuk pindah program studi, jurusan, atau fakultas pilihannya, Presiden justru mengusulkan perguruan tinggi memperbanyak mata kuliah pilihan.

Ada keragamanan mata kuliah ini diharapkan bisa memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengambil kuliah sesuai talentanya.(Sah)

Beri Komentar