Lelang Barang Pejabat Buat APBN? Menkeu: Itulah Dunia Maya...

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 1 Maret 2018 06:25
Lelang Barang Pejabat Buat APBN? Menkeu: Itulah Dunia Maya...
Hasil lelang masuk ke kantong pemilik barang.

Dream – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pendapatan Lelang Sukarela yang digelar Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan masuk ke kantong pemilik barang. Tidak ada sepeserpun hasil lelang yang dilaksanakan di Galeri Nasional Indonesia hari ini masuk ke kas Negara. 

Pernyataan ini disampaikan Sri Mulyani menanggapi kabar yang beredar di internet. Kabar itu menyebut hasil lelang akan menjadi bagian dari APBN.

“ Itulah dunia maya, selalu seru dengan berbagai interpretasi. Saya tegaskan lelang ini barangnya pribadi,” kata Sri di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Rabu, 28 Februari 2018.

Sri Mulyani mengatakan barang yang dilelang memiliki sertifikat resmi yang ditandatangani sang pemilik. Sehingga dia menjamin kualitas barang lelangan tersebut.

Selanjutnya, Sri Mulyani berharap acara lelang semakin marak dilakukan dan menjadi tren di era kekinian. Sebab, proses ini bisa dimanfaatkan untuk melepaskan aset yang macet.

“ Mekanismenya pun lumrah, prosesnya transparans, menyebabkan neraca tetap sehat,” kata dia.

Pemerintah akan menggunakan profit lelang untuk kegiatan sosial berupa bantuan untuk sekolah. Mereka menggandeng aktor Reza Rahadian untuk kampanye perbaikan sekolah.

" Dari data yang didapat, ada sekitar 200 ribu sekolah yang rusak. Dengan lelang hari ini, kami bisa ikut menyalurkan sumbangan ke beberapa sekolah dasar,” kata Reza.

(ism, Laporan: Annisa Mutiara Asharini)

Beri Komentar