Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Subsidi Gaji Rp2,4 Juta Akan Ditransfer Hari Ini, Cek Rekening Segera!

Subsidi Gaji Rp2,4 Juta Akan Ditransfer Hari Ini, Cek Rekening Segera! (Foto: Setkab.go.id)

Dream - Dana subsidi gaji untuk 2,5 juta pegawai bergaji di bawah Rp5 juta dilaporkan akan mulai ditransfer hari ini, Rabu, 26 Agustus 2020. Kabar itu disampaikan direksi BPJS Ketenagakerjaan yang menjadi mitra pelaksanaan program subsidi tersebut.

Direktur Perencanaan Strategis dan Teknologi BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek), Sumarjono mengatakan data 2,5 juta peserta itu sudah valid.

"Hari ini akan ada transfer untuk 2,5 juta peserta yang sudah valid," kata Sumarjono dalam Webinar bertajuk Akses Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Masa Pandemi CovidD-19.

BPJamsostek melaporkan sudah memperoleh 10 juta rekening calon penerima subsidi gaji yang akan mendapat bantuan dengan total Rp2,4 juta.

Data tersebut secara bertahap diserahkan kepada Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) sejak 24 Agustus 2020 lalu. Pada tahap pertama, BPJamsostek telah menyerahkan 2,5 juta calon penerima subsidi gaji.

Sumarjono mengatakan pencairan dana subsidi gaji sengaja dibuat bertahap agar pemerintah benar-benar menyasar penerima yang berak mendapat bantuan.

Dalam prosesnya, BPJamsostek telah mendapat sekitar 15,7 juta peserta asuransinya yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta. Dari jumlah tersebut, peserta yang sudah melaporkan nomor rekening dan berhasil divalidasi sebanyak 13,8 juta pekerja.

"Ini dilakukan bertahap karena pemeritah ingin tidak salah sasaran," kata Sumarjono.

Subsidi Gaji Resmi Diluncurkan Besok?

Dream - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengungkapkan peluncuran perdana program subsidi gaji atau upah akan dilakukan besok, Kamis, 27 Agustus 2020. Rencananya Presiden Joko Widodo akan secara resmi membuka program tersebut.

Jadwal baru peluncuran program subsidi upah itu diungkapkan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, di Jakarta, Rabu, 26 Agustus 2020.

"Insyaallah diagendakan luanching bantuan pemerintah berupa gaji/upah pada hari kamis, 27 Agustus 2020 oleh Presiden RI," papar Ida kepada anggota Komisi IX DPR.

Dalam laporannya, Menaker mengungkapkan telah menerima sebanyak 2,5 juta data calon pekerja penerima bantuan gaji senilai Rp600 ribu dari BPJS Ketenagakerjaan. Data tersebut diserahkan pada 24 Agustus 2020 yang lalu.

Setelah menerima data tersebut, Kemnaker selanjutnya akan menyiapkan administrasi untuk proses transfer bantuan tahap pertama.

 

Ida berharap seluruh proses pencairan program bantuan subsidi gaji ini akan berjalan lancar sesuai yang direncanakan. Dijadwalkan tahap pertama pencairan subsidi gaji pegawai akan diberikan kepada 2,5 juta pegawai.

Selanjutnya, pemerintah secara rutin di setiap pekan memberikan bantuan subsidi gaji sebanyak minimal 2,5 juta pegawai.

"Alhamduillah ini proses yang kamu lakukan dengan kecepatan luar biasa, karena dalam semingu kita harus revisi DIPA, buat Peraturan Menteri, membuat Jutlak dan Juknis," ujar Menteri Ida.

Dia tak lupa berterima kasih kepada direksi BPJS Ketenagakerjaan dan jajaran di perusahaannya yang telah mengerahkan seluruh cabang untuk mengumpulkan data rekening peneirma bantuan ini. (Sah)

Dear HRD, Data Rekening 2 Juta Calon Penerima Subsidi Gaji Ditunggu BP Jamsostek

Dream - Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek), Agus Susanto melaporkan masih ada 2 juta data rekening pekerja yang belum terkumpul hingga Senin, 24 Agustus 2020. Data itu dibutuhkan untuk menyalurkan bantuan subsidi upah Rp2,4 juta yang akan diterima pegawai yang berhak.

Agus mengungkapkan data rekening yang terkumpul dan diserahkan kepada Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) baru mencapai 13,7 juta dari target semula sebanyak 15,7 juta calon penerima subsidi upah.

"Saya minta bantuan para pemberi kerja/HRD agar segera mengumpulkan data rekening karyawannya untuk diserahkan ke BPJS Ketengakerjaan agar bisa memperoleh bantuan subsidi upah dari pemerintah, " ujar Agus dikutip Dream dari laman Kemnaker.

Menurut Agus proses validasi calon penerima subsidi gaji dilakukan setelah dilakukan secara berlapis. Dari 13,7 juta data rekening pekerja, hingga kemarin sudah terkumpul 10 juta rekening dengan status tervalidasi.

Dari 10 juta rekening tervalidasi tersebut akan diserahkan sebanyak 2,5 juta secara bertahap by batch.

"Ini dilakukan, untuk memudahkan monitoring dan menerapkan prinsip kehati-hatian. Jadi kami serahkan ini batch pertama sebanyak 2,5 juta data yang kami serahkan," katanya.

Diakui Agus Susanto, BP Jamsostek membutuhkan waktu untuk bisa memvalidasi data calon penerima subsidi gaji Rp2,4 juta tersebut. Selain ke perusahaan, BP Jamsostek juga harus memvalidasi sebanyak 127 bank yang dilakukan secara otomatis melalui sistem.

Ssttt! 2,5 Juta Pegawai Ini Jadi Penerima Pertama Subsidi Gaji Akhir Agustus

Dream - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah mengantongi data 2,5 juta peserta BPJS Ketenagakerjaan yang menjadi calon penerima subsidi upah Rp600 ribu per bulan. Diharapkan data tersebut sudah terverifikasi dalam jangka waktu empat hari.

Data 2,5 juta peserta BPJS Ketenagakerjaan itu merupakan tahap pertama dari total 15,7 juta calon penerima subsidi upah yang totalnya nilainya mencapai Rp2,4 juta selama 4 bulan. Seluruh data adalah pekerja yang mempunya penghasilan di bawah Rp5 juta per bulan.

Tahap selanjutnya Kemnaker akan melakukan check list kesesuaian data yang sudah diserahkan BPJS Ketenagakerjaan.

"Data 2,5 juta itu bukan angka yang sedikit, kami menargetkan bisa ditransfer dimulai akhir Agustus ini," kata Menaker Ida Fauziyah dikutip dari laman Kemnaker, Selasa, 25 Agustus 2020.

Ida mengakui pihaknya membutuhkan waktu untuk mengecek kesesuaian data yang telah diserahkan oleh Dirut BP Jamsostek tersebut.

Usai data dipastikan sesuai, data jutaan calon penerima subsidi gaji Rp2,4 juta itu akan diserahkan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) untuk bisa mencairkan uangnya yang akan disalurkan ke Bank penyalur yakni Bank-Bank Pemerintah. 

"Jadi Bank Pemerintah dan Bank penyalur tersebut nanti akan ditransfer dipindahbukukan ke penerima program subsidi upah/gaji," ujarnya.

Menaker berharap batch pertama 2,5 juta akan konsisten dilakukan setiap pekannya hingga seluruh calon penerima subsidi upah berjumlah 15,7 juta bisa masuk pada akhir September 2020 nanti.

Guru Honorer Masuk Penerima Subsidi Gaji Rp600 Ribu, Alhamdulillah

Dream - Guru honorer dipastikan akan menjadi salah satu penerima subsidi gaji sebesar Rp600 ribu yang diberikan pemerintah selama 4 bulan berturut-turut. Total tambahan penghasilan yang diperoleh hingga akhir tahun ini mencapai Rp2,4 juta.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melaporkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) tengah mendata guru honorer yang memenuhi syarat untuk mendapat bantuan subsidi gaji tersebut.

"Ada isu guru honorer dimasukkan dalam daftar penerima manfaat, baik yang sudah terdaftar di dalam BPJamsostek dan saat ini di dalam proses penyempurnaan melalui database di Kemendikbud maupun KemenPAN-RB," kata Sri Mulyani saat rapat bersama Komisi XI, di DPR RI, Jakarta, Senin, 24 Agustus 2020.

Karena masih menjadi pembahasan, Menkeu belum mengungkapkan jumlah guru honorer yang bakal mendapatkan subsidi gaji tersebut.

Terkait subsidi gaji untuk pegawai swasta, mantan direktur World Bank ini memastikan pencairan program bantuan ini akan dilakukan pada pekan ini. Untuk prosesnya akan diawali dengan pencairan langsung oleh presiden Joko Widodo bersamaan dengan bantuan produktif lainnya.

"Akan diluncurkan Bapak Presiden pada minggu ini yaitu bantuan produktif dan subsidi gaji yang sudah disiapkan dalam bentuk DIPA," kata Menkeu.

Pencairan program bantuan subsidi upah dan kredit produktif untuk UMKM merupakan bagian dari upaya mempercepat realisasi anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dialokasikan Rp695,2 triliun. Program bantuan pegawai ini masuk ke klaster sektoral K/L dan pemerintah daerah yang dianggarkan Rp106,05 triliun.

"Untuk dua program baru yang diminta dilakukan dan selama sebulan ini sudah difinalkan," ujarnya.

(Sah, Sumber: Merdeka.com)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Gaji dan Tunjangan Bulanan AHY Sebagai Menteri ATR/BPN

Gaji dan Tunjangan Bulanan AHY Sebagai Menteri ATR/BPN

Segini gaji AHY usai resmi dilantik Jokowi jadi Menteri ATR/BPN

Baca Selengkapnya
Hitung-Hitungan Gaji Guru yang Dijanjikan Ganjar Pranowo

Hitung-Hitungan Gaji Guru yang Dijanjikan Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo sangat menyayangkan gaji guru yang mencapai Rp300 ribu per bulan

Baca Selengkapnya
BPJS Kesehatan Buka Lowongan Kerja, Ayo Daftar Sebelum Akhir Februari 2024!

BPJS Kesehatan Buka Lowongan Kerja, Ayo Daftar Sebelum Akhir Februari 2024!

BPJS Kesehatan membuka lowongan pekerjaan hingga 28 Februari 2024 bagi masyarakat yang berminat.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Naik 8 Persen, Segini Gaji TNI di Tahun 2024

Naik 8 Persen, Segini Gaji TNI di Tahun 2024

Pemerintah telah menaikkan gaji TNI sebesar 8 persen

Baca Selengkapnya
Segini Gaji dan Tunjangan yang Diterima Komeng Jika Terpilih Jadi Anggota DPD

Segini Gaji dan Tunjangan yang Diterima Komeng Jika Terpilih Jadi Anggota DPD

Komedian kawakan Tanah Air ini mendaftarkan diri sebagai anggota DPD Jawa Barat.

Baca Selengkapnya
Gaji Kepala Desa yang Kini Jabatannya Diperpanjang Jadi 8 Tahun

Gaji Kepala Desa yang Kini Jabatannya Diperpanjang Jadi 8 Tahun

Kepala Desa kini diperpanjang masa jabatannya jadi 8 tahun

Baca Selengkapnya
Ternyata Segini Gaji Tukang Parkir Pesawat

Ternyata Segini Gaji Tukang Parkir Pesawat

Setiap bandara membutuhkan tukang parkir pesawat demi kelancaran operasional.

Baca Selengkapnya
BPJS Kesehatan Jamin Biaya Berobat Petugas Pemilu yang Sakit

BPJS Kesehatan Jamin Biaya Berobat Petugas Pemilu yang Sakit

BPJS siap menjamin biaya pelayanan kesehatan para petugas Pemilu yang sakit sesuai ketentuan yang berlaku.

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Tips Melipat Lengan Kemeja

DRESS IT! Tips Melipat Lengan Kemeja

Terdengar simple, cara membuat melipat lengan kemeja agar terlihat ternyata ada trik lho Sahaba Dream. Nah sekarang kamu bisa simak video berikut.

Baca Selengkapnya