CONNECT WITH US!

Sudah Menikah Tapi Ingin Kuliah Lagi, Ini Tipsnya

Reporter : Arie Dwi Budiawati | Minggu, 18 Juni 2017 14:01
Ada Banyak Hal Yang Harus Dipertimbangkan Jika Ingin Kuliah Setelah Menikah.
Tak jarang keinginan untuk kuliah lagi, terbersit setelah menikah.

Dream – Meraih pendidikan setinggi-tingginya merupakan keinginan banyak orang, termasuk mereka yang sudah menikah. Status menikah pun tak menjadi halangan untuk mencari ilmu dan meraih masa depan yang lebih baik.

Akan tetapi, biaya untuk melanjutkan kuliah terbilang tidak murah. Hal ini kerap menjadi penghalang terbesar untuk mereka yang sudah berkeluarga dan ingin melanjutkan kuliah.

Tentu saja mereka yang sudah berkeluarga memerlukan bantuan, misalnya mengikuti program beasiswa penuh. Nah, dengna begini, masalah finansial bisa teratasi.

Hmm.. tapi masalahnya tidak hanya finansial. Ada juga beberapa hal yang perlu dipertimbangkan jika ingin kembali duduk di bangku kuliah setelah menikah. Apa saja?

Berikut ini empat pertimbangan dilansir dari Cekaja.com Senin 19 Juni 2017.

Macam-macam Beasiswa

Jika kondisi finansial mendukung suami/istri untuk kuliah lagi, tidak masalah jika ingin meneruskan kuliah. Tapi, kalau tidak, finansial menjadi masalah. Beasiswalah menjadi jawaban utama dari permasalahan ini.

Yang perlu diingat, beasiswa ini bermacam-macam. Ada beasiswa yang sifatnya penuh—biaya kuliah dan biaya hidup pun ditanggung—dan ada juga beasiswa yang hanya menanggung biaya tertentu seperti biaya penelitian.

Oleh karena itu, carilah informasi selengkap-selengkapnya tentang beasiswa incaran sebelum mendaftar. Pikirkan biaya lain untuk menunjang kebutuhan kuliah yang mungkin tidak ditanggung oleh pemberi beasiswa. Kalau bisa, usahakan  carilah beasiswa penuh agar kondisi keuangan tidak terganggu.

Kuliah, Bekerja, dan Keluarga

Penerima beasiswa biasanya hanya bisa mengikuti kuliah kelas reguler, sehingga sulit jika dia melakukannya sembari bekerja. Walaupun pekerjaan sudah dilepas, ada yang paling penting yang harus diperhatikan, yaitu membagi waktu dengan keluarga, terutama bagi mereka yang kuliah di luar kota ataupun luar negeri, terlebih bagi wanita yang memiliki anak kecil.

Untuk mereka yang memilih kuliah dengan biaya sendiri dan tetap bekerja, masalah pembagian waktu ini memerlukan perhatian lebih. Jika anak-anak sudah besar, beban membagi waktu pun berkurang karena anak-anak sudah lebih mandiri.

Relakan Penghasilan

Ketika memutuskan kembali ke bangku kuliah saat sudah berkeluarga, seseorang sudah harus rela berhenti dari pekerjaannya. Pasangan suami istri pun tentu sudah harus siap dengan kemungkinan penghasilan berkurang—apakah ini akan membuat keuangan keluarga goyah? Atau tetap aman?

Demi kebaikan bersama, perhitungkan matang-matang sebelum melangkah lebih lanjut untuk memutuskan kembali ke bangku kuliah.

Motif Utama Kuliah

Bagi mereka yang sudah menikah, motif utama kuliah pun tentu harus lebih jelas. Misalnya, untuk membuat kehidupan selanjutnya menjadi lebih baik. Kalau masih abu-abu, lebih baik pertimbangkan kembali motif utama kuliah. Tujuannya tentu membuat semua pengorbanan dari waktu hingga biaya tidak akan sia-sia. (ism) 

#MovieTalk Warkop DKI Reborn [Part 1]