Indonesia Bidik Peringkat 40 Negara Paling Mudah Berbisnis

Reporter : Ramdania
Jumat, 22 Januari 2016 07:40
Indonesia Bidik Peringkat 40 Negara Paling Mudah Berbisnis
RI mimpi naik 69 peringkat dari 109 ke 40 dalam kemudahan bisnis.

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan target Indonesia bisa masuk peringkat 40 dalam jajaran negara dengan kemudahan berbisnis terbaik pada tahun depan. Pada tahun 2015 lalu, Indonesia masih berada di peringkat 109 dari 189 negara yang disurvei Bank Dunia.

Untuk mencapai target tersebut, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menyebutkan ada tiga hal yang harus dilakukan, yaitu deregulasi, sosialisasi, dan monitoring.

“ Jumlah prosedur lebih pendek, lebih singkat, jumlah hari lebih cepat dan biaya serendah-rendahnya,” ujarnya.

Franky menyebutkan setidaknya ada 19 pekerjaan rumah untuk 15 kementerian lembaga agar target ini bisa tercapai. Sebagai contoh, kemudahan perizinan yang berada di tangan Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Pemerintah Daerah terkait.

Selain itu, ada juga terkait masalah kredit yang menjadi wewenang Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Indonesia.

“ Salah satu yang sudah dihasilkan Bank Indonesia dan OJK adalah adanya Biro Kredit Swasta. Ini tentunya akan memberikan kontribusi positif untuk ranking atas indikator akses perkreditan,” ungkapnya.

Diharapkan, lanjut Franky, pada akhir Februari ini, sudah ada kemajuan dari ke-19 pekerjaan rumah tersebut. Dengan demikian, terjadi perbaikan yang cukup signifikan.

Beri Komentar