Ini Trik CEO e-Commerce Sukses RI Kuasai Jual Beli Online

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 14 September 2016 19:14
Ini Trik CEO e-Commerce Sukses RI Kuasai Jual Beli Online
Pebisnis tradisional sudah saatnya menganggap teknologi sebagai peluang bukan tantangan.

Dream - Perkembangan teknologi, terutama teknologi internet, berkembang dengan pesat di Indonesia. Teknologi tak bisa lagi dianggap sebagai ancaman bagi dunia bisnis, terutama bagi bisnis tradisional, melainkan sebuah peluang

“ Internet yang ada di Indonesia itu berevolusi,” kata CEO Tokopedia, William Tanuwijaya dalam acara konferensi pers “ Ideafest 2016” di Jakarta, Rabu 14 September 2016.

William menjelaskan, sepuluh tahun silam, masyarakat menggunakan situs internet untuk memperoleh informasi berita dan berkomunikasi. Kini, masyarakat tak perlu lagi mengakses situs untuk mendapatkan keduanya. Mereka bisa melakukan komunikasi dan mendapatkan berita lewat jejaring sosial.

“ Sekarang, gerbang utama informasi itu social media dan bukan situs lokal,” kata dia.

Teknologi internet saat ini berkembang tanpa batas alias borderless. Kini pebisnis di luar negeri dapat leluasa mengakses bisnis di tanah air hanya dengan menggunakan teknologi internet. Bahkan, raksasa e-Commerce asal Tiongkok, Alibaba sudah bersiap masuk ke Indonesia untuk meramaikan bisnis e-commerce.

“ Teknologi itu borderless dan kita langsung berhadapan dengan global. Ini peluang bagi Indonesia untuk berkompetisi dengan global,” kata dia.

William menyarankan, pengusaha dalam negeri sebetulnya bisa melakukan langkah antisipatif terhadap temuan itu. Salah satunya adalah mengidentifikasi kebutuhan konsumen dan membuat produk berdasarkan kebutuhan pasar. Itulah cara bertahan di era perubahan teknologi.

“ Untuk bertahan, kita harus men-deliver produk yang diinginkan konsumen. Tanda kualitatif pun harus seperti pemain global,” kata dia.

Namun William sepertinya masih menyimpan trik lain untuk menguasai teknologi internet. Dia baru akan menyampaikannya dalam sesi acara Ideafest 2016. Sekadar informasi, pria ini termasuk sebagai salah seorang pembicara di acara yang akan dihelat pada 23-24 September 2016.

“ Saya akan berbicara tentang skill (untuk) menghadapi perubahan yang begitu cepat, adaptasi (terhadap perubahan), leadership, serta melihat demand pasar,” kata dia.(Sah)

Beri Komentar