E-Commerce Dorong Transformasi Digital UMKM

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 26 Maret 2021 13:41
E-Commerce Dorong Transformasi Digital UMKM
Ke depannya, platform e-commerce lebih banyak dilirik pembeli daripada offline.

Dream – Pandemi COVID-19 mempercepat transformasi sektor ritel. Sektor e-commerce akan berpotensi tumbuh sebagai platform transaksi daring ke depannya karena masyarakat lebih sering berbelanja online daripada offline.

“ Kami melihat transisi aktivitas sehari-hari menjadi lebih digital, terutama dengan kebijakan #dirumahaja. Pandemi telah menyebabkan perubahan perilaku dan kebiasaan baru di masyarakat serta memberikan pelajaran berharga bagi perusahaan, termasuk JD.ID,” kata Chief Financial Officer JD.ID, Sandy Permadi, dalam media briefing ulang tahun ke-5 JDID “ Continue to Make Joy Happen”, Kamis 25 Maret 2021.

E-commerce terus melakukan strategi dan inovasi dalam menghadapi tantangan yang akan terjadi pada masa datang. Salah satunya adalah mendorong transformasi UMKM.

“ Saya yakin hal ini dapat dijadikan sebagai momentum brand lokal untuk ikut serta menawarkan produk mereka dengan kualitas terbaiknya,” kata dia.

Menyoroti kampanye #AdvancingIndonesia, lanjut Sandy, JD.ID terus mencari peluang untuk meningkatkan potensi sektor ekonomi di tanah air.

Pihaknya mendorong pasar regional untuk menyediakan lebih banyak akses ke pengguna; membangun lebih banyak kehadiran gerai offline agar lebih dekat dengan para pelanggan, serta menciptakan kenyamanan dan “ ketenangan pikiran” bagi para pelanggan saat berbelanja.

Platform ini juga berupaya mempertahankan produk UMKM lokal utnuk mengembangkan kemampuan pemasaran mereka dengan menjual produknya di sana setelah melewati proses kurasi.

1 dari 4 halaman

Tingkatkan Layanan kepada Pelanggan

Chief Marketing Officer JD.ID, Leo Haryono, berupaya untuk memaksimalkan pengalaman berbelanja pelanggan. Dengan begitu, pelanggan bisa berbelanja dengan nyaman dari rumah dan bebas repot.

Apalagi, saat ini, platform itu akanmenginjak usia kelima tahun sejak beroperasi di Indonesia sejak 2016.

“ Slogan kami `Dijamin Ori` harus konsisten. Ke depannya, kami harus tetap menjadi e-commerce yang dipercaya,” kata Leo.

Leo menyebut ada beragam penawaran unik untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dan pengalaman berbelanja. Misalnya, kontrol kualitas logistik dari ujung ke ujung hingga model bisnis online to offline untuk gerai online sekaligus offline.

Selain itu, JD.ID juga melakukan terobosan lainnya, seperti menciptakan nilai tambah bagi pasar e-commerce Indonesia dengan mensinergikan pengalaman belanja online dan offline, serta mendorong digitalisasi UMKM untuk berkontribusi lebih bagi perekonomian bangsa.

Untuk lebih menarik minat lebih banyak pelanggan dan merayakan ulang tahunnya, platform ini menebar sederet promo menarik. Misalnya, ada promo pasti diskon 50 persen untuk produk-produk pilihan, flash sale Rp5, gratis ongkir, dan voucher miliaran rupiah.

“ Ulang tahun ke-5 menandai pencapaian kolektif, tantangan, dedikasi, dan upaya dari karyawan, mitra, dan para pelanggan kami agar JD.ID berkembang menjadi salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia,” kata dia.

2 dari 4 halaman

Promo 11.11, Nilai Penjualan JD.ID Meroket 1.300 Persen

Dream – Menjelang Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada 12 Desember, sejumlah perusahaan e-commerce menggelar festival belanja akhir tahun.

Salah satunya adalah 11.11. JD.ID tak mau ketinggalan untuk mengikuti acara 11.11.

Melalui program kampanye Harjoynas 11.11, e-commerce ini mencatat peningkatan nilai penjualan hingga 1.300 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama 2019.

© Dream

 

“ Melalui program kampanye ini, JD.ID menawarkan delapan promo spesial kepada seluruh pelanggan selama tiga hari penuh (9-11 November 2020) dan 24 jam nonstop,” kata Marketing Chief JD.ID, Mia Fawzia, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis JD.ID, Senin 16 November 2020.

Promo-promo spesial yang ditawarkan kepada pelanggan, seperti flash sale Rp1, tebus murah Rp1, dan gratis ongkir seharian.

Selain itu, jumlah barang yang terjual meningkat hampir 150 persen dan belanja rata-rata setiap pengguna melonjak hingga 450 persen yoy.

3 dari 4 halaman

Barang Kategori Ini Paling Dicari Selama Pandemi

Jumlah barang yang paling banyak terjual di JD.ID adalah barang yang termasuk ke dalam kategori roceries & Health Care, Offline Store, Mother, Baby & Kids, Home Living, Phones, serta Tablets & Accessories.

“ Di tengah situasi pandemi, masyarakat memanfaatkan momentum festival belanja online dengan sebaik mungkin, seperti berbelanja kebutuhan sehari-hari dan pemenuhan kebutuhan gaya hidup,” kata Mia.

Dikatakan bahwa masyarakat kini tak lagi memanfaatkan pesta diskon untuk belanja kebutuhan sekunder, bahkan tersier. Melihat tren ini, Mia optimistis bisa mencapai target konsumsi yang lebih tinggi untuk puncak Harbolnas, yaitu 12.12.

“ JD.ID akan terus berupaya untuk melayani dan memenuhi tiap-tiap kebutuhan masyarakat Indonesia, memberikan pengalaman belanja yang terbaik kepada para pelanggan dalam segala situasi, mengemban misi utama perusahaan untuk membawa kebahagiaan atau ‘joy’ kepada seluruh pelanggan di seluruh Indonesia,” kata dia.

4 dari 4 halaman

Injak Usia 2 Tahun, Begini Harapan JD.ID

Dream – Perusahaan e-commerce, JD.ID, menginjak usia dua tahun di Indonesia. Di usia ke-2 tahun, e-commerce ini menyebut telah melayani 10 juta pelanggan di Indonesia.

“ Di tahun 2018, kami berkomitmen memperluas layanan dan jangkauan kami kepada segenap lapisan masyarakat,” kata Presiden JD.ID, Zhang Li, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 30 Maret 2018.

Zhang mengatakan capaian ini akan menjadi pembelajaran untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan dengan fokus pada kepuasan pelanggan. Dia berharap e-commerce ini bisa memberikan layanan yang lebih baik bagi pelanggan.

“ Apa yang kami capai selama ini akan menjadi pembelajaran yang berharga untuk terus memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan dengan berfokus pada kepuasan pelanggan, penggunaan teknologi, dan peningkatan servis secara keseluruhan,” kata dia.

Head of Corporate Commmunication JD.id, Teddy Arifianto, mengatakan sudah dua tahun JD.ID hadir di Indonesia di tengah persaingan pelaku e-commerce. JD.ID menawarkan beragam penawaran menarik kepada konsumen dan layanan berbelanja mulai dari memilih barang sampai barang diterima di tangan pembeli. Salah satunya adalah diskon.

“ Diskon menjadi salah satu daya tarik dan andalan untuk memikat konsumen, bahkan di beberapa kesempatan menjadi alasan mengapa konsumen memilih kami untuk berbelanja,” kata Teddy.

Untuk memperingati ulang tahun yang jatuh pada 28 Maret 2018, JD.ID menggelar promo “ Onlinepiade 3.28”. Acara ini digelar mulai dari tanggal 1-25 Maret 2018 dan puncaknya pada 26-28 Maret 2018. Program promo dan diskon ini berlaku di 19 kategori dan 127 subkategori JD.ID.

“ Onlinepiade 3.28 ini merupakan salah satu cara JD.ID untuk mengapresiasi para pelanggan setia kami. Selama dua tahun di Indonesia, kami tumbuh menjadi perusahaan e-dagang yang diperhitungkan,” kata Zhang.

(Sah)

Beri Komentar