Viral Penyekatan Tol di Cikarang, Begini Kata Jasa Marga

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 6 Mei 2021 16:13
Viral Penyekatan Tol di Cikarang, Begini Kata Jasa Marga
Mengapa jalan tol ditutup?

Dream - Penyekatan jalan tol di Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat, membuat para buruh protes. Mereka merasa penutupan itu menghambat perjalanan mereka menuju tempat kerja.

PT Jasa Marga Tbk (Persero) pun angkat bicara tentang hal ini. Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru, membenarkan peristiwa tersebut.

Dwimawan mengatakan, terjadi kepadatan pada hari ini, Kamis 6 Mei 2021 pada pukul 07.00-08.00 WIB. Penyekatan ini terjadi di KM 31A Cikarang Barat Jalan Tol Jakarta-Cikampek serta arah sebaliknya.

" Hal ini akibat penutupan akses Cikarang Barat (dari Cikampek menuju Jakarta) yang dilakukan atas diskresi kepolisian," kata dia di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis Jasa Marga.

Penutupan ini, kata Dwimawan, bertujuan agar pengguna jalan dari Jakarta yang diputar balik, tidak terganggu oleh arus yang dari Cikampek. Pengguna jalan yang diputar balik itu akan keluar Cikarang Barat.

" Arus dari Cikampek ini diarahkan setelah gerbang Cikarang Barat, yaitu Gerbang Cibitung," kata dia.

Mempertimbangkan kondisi di lapangan, akhirnya atas diskresi Kepolisian, pada pukul 10.50 WIB akses keluar Cikarang Barat dari Cikampek kembali dibuka.

" Saat ini kondisi di titik tersebut menuju arah Jakarta dalam keadaan lancar," kata Dwimawan.

1 dari 3 halaman

Imbas Penyekatan Tol, Buruh Demo Karena Terlambat Kerja

Dream - Sejumlah buruh dikabarkan menggelar demo dadakan di jalan tol. Ini dipicu penyekatan tol dalam rangka larangan mudik Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah/2021.

Aksi mereka terekam kamera yang kemudian tersebar di grup percakapan WhatsApp. Dalam video tersebut, terdengar teriakan dari sejumlah buruh meminta agar jalan tol dibuka.

 

© Dream

 

" Cikarang, Cikarang yeh. Woy buka, buka, kita pekerja, kita pekerja, kita kerja woy, buka,"  demikian bunyi teriakan salah satu buruh.

 

2 dari 3 halaman

Bukan Mudik, Tapi Berangkat Kerja

Dikutip dari Radar Cirebon, dari informasi yang didapat, aksi tersebut terjadi di Tol Cikarang Barat Km 31 pada Kamis, 6 Mei 2021 pukul 06.00 WIB.

Para buruh ini demo lantaran penyekatan tol telah membuat mereka terlambat bekerja. Bus jemputan yang biasa mengangkut mereka untuk masuk kerja terhambat, imbas dari penyekatan tol.

Tetapi, saat ini situasi sudah kembali normal. Para pekerja tersebut sudah keluar tol.

Beri Komentar