375 Juta Pekerja Digantikan Robot pada 2030, Kamu Termasuk?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 30 November 2017 07:44
375 Juta Pekerja Digantikan Robot pada 2030, Kamu Termasuk?
Tenaga manusia akan tersingkir oleh tenaga robot ketika melakukan suatu pekerjaan.

Dream – Laporan mencengangkan dikeluarkan oleh McKinsey Global Instititute. Mereka memprediksi pada tahun 2030, ada 375 juta pekerja di dunia yang digantikan oleh robot.

Dilansir CNN Tech, Rabu 29 November 2017, pekerjaan-pekerjaan yang akan digantikan oleh mesin ini antara lain operator mesin atau penyedia makanan cepat saji. Tak hanya itu, pekerjaan yang berkaitan dengan pemrosesan data dan back office juga akan digantikan oleh robot.

Agar manusia tak tergantikan oleh robot, mereka harus memperbaiki dan meningkatkan keterampilan kerja. Kemudian, pemerintah dan perusahaan juga perlu membantu supaya tenaga manusia tidak tersingkir.

“ Model di mana orang akan pergi ke sekolah, akan rusak dalam waktu 20 tahun ke depan, sementara yang pergi ke kantor akan rusak dalam waktu 40-50 tahun mendatang,” kata rekanan McKinsey Global Institute sekaligus penulis laporan, Susan Lund.

Menurut dia, karyawan perlu belajar kembali dan berlatih di sepanjang perjalanan karier. Susan menambahkan, orang yang mau mengembangkan keterampilan baru harus bisa mencari pekerjaan baru.

“ Ada prediksi mengerikan bahwa robot akan mengambil pekerjaan kita terlalu banyak. Tapi, akan ada cukup pekerjaan untuk semua orang id sebagian besar wilayah,” kata dia.

Susan tidak berharap otomatisasi ini akan menggantikan pekerjaan yang berkaitan dengan interaksi sosial, seperti tukang kebun dan tukang pipa.

Beri Komentar
Belajar Jadi Orangtua yang Lebih Baik di Fimelahood #MindfulParenting