10 Cara Mengecilkan Paha, Jadi Kencang dan Berotot

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Jumat, 12 Juli 2019 13:13
10 Cara Mengecilkan Paha, Jadi Kencang dan Berotot
Ukuran paha yang besar sangat menyulitkan dan memakan banyak ruang saat duduk. Merepotkan ya?

Dream - Ada banyak latihan yang sangat baik untuk otot. Seperti membentuk, mengencangkan dan memperkuat otot.

Dengan otot yang kuat, akan memudahkan kita dalam berlari, melompat dan lebih mudah bergerak secara stabil.

Yang terpenting dari cara mengecilkan paha adalah mengencangkan otot kaki. Masalah seperti ukuran celana jeans bukan soal yang terlalu utama, tapi yang penting adalah kesehatan kardio dan otot.

Ketika kita sudah menekuni satu olahraga dan perubahan ukuran paha masih belum nampak, ada beberapa latihan yang bisa dilakukan dengan fokus pada latihan kekuatan kaki dan mengendurkan latihan di area tubuh yang lain.

 Mengecilkan Paha


Berikut beberapa tips mengecilkan paha yang bisa dilakukan:

1 dari 10 halaman

Cara Mengecilkan Paha: Bersepeda

Tips mengecilkan paha yang pertama adalah bersepeda. Tidak harus bersepeda di luar ruangan saja, Sahabat Dream bisa mengikuti kelas bersepeda di dalam ruangan.

Kelas bersepeda seperti ini ada di berbagai kelas fitness pada umumnya. 

Bersepeda di dalam ruangan menjadi tips mengecilkan paha yang efektif, tidak hanya itu saja, bersepeda juga bisa membuat kaki menjadi kencang dan baik bagi kesehatan jantung.

 Mengecilkan Paha


Dengan bersepeda secara rutin, baik dalam ruangan maupun luar ruangan sangat baik dilakukan untuk menurunkan berat badan. Dan, dari berat badan yang turun, ukuran paha secara otomatis akan mengikuti.

2 dari 10 halaman

Cara Mengecilkan Paha: Latihan Tangga

 Mengecilkan Paha

Tips mengecilkan paha selanjutnya yaitu, latihan dengan menggunakan tangga. Latihan ini bisa dilakukan di mana saja asalkan ada tangga, dan dilakukan dengan menaiki-menuruni tangga secara berulang kali.

Dengan latihan tangga ini, rata-rata akan membakar 295 kalori per 30 menit, dan 590 kalori per jam. Namun, dengan catatan gerakan naik-turun tangga dilakukan dengan berlari.

Latihan tangga ini juga sangat efektif untuk meningkatkan otot paha, karena setiap gerakannya mengharuskan mengangkat tubuh ke atas. Dengan otot paha yang kencang, maka ukuran paha akan mengecil dan lebih proporsional.

3 dari 10 halaman

Cara Mengecilkan Paha: Latihan di Tempat Berpasir

Seorang pelatih terkenal, menyarankan untuk melakukan latihan di tempat berpasir. Latihan ini jadi tips mengecilkan paha, mengencangkan otot kaki, dan menguatkan paha.

 Mengecilkan Paha


Ketegangan tambahan yang dirasakan ketika berlari atau berjalan di pasir akan membantu mengencangkan otot-otot paha. Cara melakukan tips mengecilkan paha ini, bisa dengan berjalan di pasir setiap hari selama 20 menit.

4 dari 10 halaman

Cara Mengecilkan Paha: Balet

 Mengecilkan Paha

Sudah bukan jadi rahasia lagi, kalau para penari balet memiliki kaki dan paha yang kuat. Balet menggabungkan elemen kardio dengan gerakan khusus yang akan membuat kaki menjadi kencang, dan kuat.

Latihan-latihan seperti balet efektif mengecilkan paha dan kaki. Tidak hanya balet, pilates juga barus untuk memperpanjang dan mengencangkan otot paha. Gerakan-gerakan pada balet dan pilates memang dirancang untuk membuat otot kaki dan paha kuat dan kencang.

5 dari 10 halaman

Cara Mengecilkan Paha: Pilih Olahraga yang Tepat

Selain melakukan olah raga balet dan pilates, tips mengecilkan paha selanjutnya adalah menekuni satu olahraga yang baik bagi otot kaki dan paha. Ghazarians menyarankan beberapa olahraga yang bisa dipilih untuk mengecilkan paha, seperti:

-    Renang
-    Golf
-    Sepak bola
-    Lari
-    Voli
-    Bersepeda

Tidak hanya jenis olahraga di atas, untuk mengecilkan paha dengan otot yang kuat, Sahabat Dream juga bisa melakukan aerobik, atau mengikuti kelas tari secara rutin.

6 dari 10 halaman

Cara Mengecilkan Paha: Meningkatkan Latihan Ketahanan

 Mengecilkan Paha

Menguatkan otot tidak bisa menuai hasil dalam waktu yang singkat. Paling sedikit butuh lebih dari satu pekan untuk mendapatkan paha yang kecil, kencang dan berotot.

Namun, latihan-latihan ketahan bisa membuat otot menjadi kuat. Tidak hanya itu, latihan ketahanan juga bisa membakar kalori, mengurangi massa lemak, dan bisa memperkuat otot paha.


Cara untuk mengecilkan paha bisa dengan menekuk lutut, dan duduk di dinding. Kunci untuk menguatkan kaki tanpa bengkak adalah dengan menjaga repetisi, denganmeakukan tiga putaran dalam setiap latihan.

7 dari 10 halaman

Cara Mengecilkan Paha: Squats

 Mengecilkan Paha

Squats atau gerakan jongok mampu membakar kalori, menguatkan otot kaki, dan mengencangkan paha. Dengan tips mengecilkan paha ini, tidak hanya paha yang menjadi kecil, tapi juga menjadi kuat.

Ghazarians  merekomendasikan 25 squats, dua kali sehari, jadi total 50 squats dalam sehari. Latihan ini tidak terlalu sulit dan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

8 dari 10 halaman

Cara Mengecilkan Paha: Latihan Paha Dalam

Paha bagian dalam, jadi bagian yang paling sulit untuk dikecilkan, maupun dikencangkan. Bouzinova merekomendasikan untuk melakukan latihan ini di rumah, karena akan sulit dilakukan di tempat fitness atau gym.

Salah satu cara latihan paha dalam, yaitu dengan berjalan seperti platypus. Tips mengecilkan paha ini akan membuat paha bagian dalam dan luar menjadi benar-benar kencang.

9 dari 10 halaman

Cara Mengecilkan Paha: Melatih Keseimbangan

 Mengecilkan Paha

Melatih keseimbangan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Keseimbangan bisa membuat otot di kaki menjadi lebih kecil, dan hal ini tentu akan membuat paha terlihat kecil. Selain itu latihan keseimbangan juga baik untuk mengencangkan kaki.

Salah satu latihan keseimbangan yang disarankan adalah dengan latihan mengangkat satu kaki pada di atas bola khusus. Selain itu, Sahabat Dream juga bisa melakukannya di pantai yang berpasir.

10 dari 10 halaman

Cara Mengecilkan Paha: HIIT Kardio

Tips mengecilkan paha yang terakhir adalah latihan kardio, yang mana berguna untuk membakar kalori dan memperkuat jantung. HIIT atau High Intensity Steady Training dan latihan kardio lainnya akan mampu mengurangi lemak tubuk dan mengencangkan paha.

Mengombinasikan latihan kardio dengan aerobik bisa jadi tips mengecilkan paha, dan mampu mengencangkan paha sekaligus.

Selamat mencoba! (ism, sumber: Health Line)

Beri Komentar
Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan