11 Manfaat Cuka Apel untuk Wajah, Kecantikan, dan Diet

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Senin, 16 Desember 2019 09:24
11 Manfaat Cuka Apel untuk Wajah, Kecantikan, dan Diet
Bahan ini mengandung asam asetat, asam gallic, katekin, vitamin A, vitamin B, vitamin C, potasium, kalsium, dan magnesium.

Dream - Banyak orang yang ingin memiliki berat badan ideal serta kulit wajah yang sehat. Sayangnya, banyak yang tahu harus mulai dari mana.

Mulailah dengan melakukan perawatan tubuh.  Kamu bisa memanfaatkan bahan alami untuk merawat tubuh. Salah satu bahan alami yang bisa kamu manfaatkan adalah cuka apel.

Cuka apel adalah jenis minuman herbal yang dibuat dengan melakukan fermentasi pada apel yang telah dihancurkan dan diambil cairannya. Bahan ini mengandung asam asetat, asam gallic, katekin, vitamin A, vitamin B, vitamin C, potasium, kalsium, dan magnesium.

Kandungan yang dimiliki oleh cuka apel menyebabkan minuman herbal ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan juga kulit wajah. Penasaran dengan manfaatnya? Berikut manfaat cuka apel yang harus kamu ketahui!

1 dari 4 halaman

Manfaat Cuka Apel untuk Wajah

Memiliki wajah yang bersih dan sehat adalah keinginan semua orang. Hal ini bisa kamu dapatkan dengan menggunakan cuka apel. Ingin tahu manfaat cuka apel untuk wajah? Berikut kami berikan informasinya!

Menyamarkan Bekas Jerawat

 Ternyata Ini 5 Penyebab Jerawat Kistik di Dagu© MEN

Manfaat cuka apel untuk wajah adalah dapat menyamarkan noda bekas jerawat. Cuka apel mengandung asam suksinat yang dapat membantu membuat kulit mati mengelupas. Selain itu kandungan ini juga dapat meredakan peradangan jerawat sehingga jaringan parut tidak dapat terbentuk. Selanjutnya kandungan asam laktat dalam cuka apel juga mampu memperbaiki keadaan kulit yang berjerawat.

Mengatasi Jerawat

Manfaat cuka apel untuk wajah adalah untuk mengatasi masalah jerawat. Cuka apel memiliki tingkat keasaman yang dapat menyembuhkan jerawat. Selain itu jerawat yang kamu alami akan lebih cepat mengering jika menggunakan cuka apel. Bahan ini juga dapat mencegah gejala penuaan dini pada kulit wajah.

Mengatasi Masalah Pori-Pori

Manfaat cuka apel untuk wajah adalah untuk mengatasi masalah pori-pori. Kamu bisa membuat masker wajah dengan menggunakan cuka apel. Berikut langkah-langkahnya:

- Siapkan cuka apel
- Siapkan tepung beras
- Campurakn tepung beras dan cuka apel
- Aduk hingga rata
- Aplikasikan pada wajah
- Diamkan selama 10-15 menit
- Bersihkan dengan air

2 dari 4 halaman

Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan

Banyak wanita yang telah membuktikan manfaat cuka apel untuk kecantikan. Ingin mengetahuinya? Berikut kami berikan informasi manfaat cuka apel untuk kecantikan!

Mengatasi Bintik Hitam di Wajah

 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami dalam 1 Hari© MEN

Manfaat cuka apel untuk kecantikan adalah sebagai bahan alami yang mampu mengatasi bintik hitam di wajah. Berikut langkah-langkah penggunaannya:

- Siapkan bawang secukupnya
- Siapkan cuka apel
- Tumbuk bawang hingga halus
- Campurkan cuka apel dengan jumlah yang sebanding dengan bawang
- Amplikasikan pada wajah menggunakan kapas

Menghilangkan Selulit

Manfaat cuka apel untuk kecantikan adalah sebagai bahan alami untuk menghilangkan selulit. Masalah selulit seringkali mengganggu penampilan tubuhmu. Berikut langkah-langkah penggunaan cuka apel untuk mengatasinya!

- Siapkan cuka apel
- Siapkan minyak pijat
- Campurkan cuka apel dan minyak pijat dengan perbandingan tiga banding satu
- Aplikasikan pada kulit yang memiliki selulit dengan memijatnya perlahan
- Lakukan secara rutin sebanyak dua kali sehari

 

Menyeimbangkan pH Kulit

Manfaat cuka apel untuk kecantikan adalah sebagai bahan alami yang dapat menyeimbangkan pH kulit. Masalah kulit wajah seperti kulit kering dan berminyak dapat disebabkan oleh kandungan pH yang tidak seimbang.

Dengan menggunakan cuka apel kamu bisa mencegah masalah kulit yang disebabkan oleh hal tersebut. Cuka apel dapat menyeimbangkan produksi sebum pada wajah. Sehingga kesehatan kulit wajahmu akan selalu terjaga.

3 dari 4 halaman

Manfaat Cuka Apel untuk Diet

Selain baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah, cuka apel juga dapat membantu proses diet kamu loh! Penasaran dengan manfaat cuka apel untuk diet? Simak informasi berikut!


Menurunkan Berat Badan

 Cara Menambah Berat Badan yang Ampuh Secara Alami© MEN

Manfaat cuka apel untuk diet adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Kamu bisa mengonsumsi cuka apel sebanyak dua sendok sebelum makan setiap hari.

Hal ini akan membantu mengurangi berat badan dengan cepat. Selain itu seimbangkan dengan pola diet yang baik seperti mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga.

 

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat cuka apel untuk diet adalah dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Meskipun sedang dalam program diet kamu harus tetap menjaga kesehatan pencernaanmu.

Kamu bisa melakukannya dengan mengonsumsi salad sayur yang disiram menggunakan cuka apel. Kandungan pektin dalam cuka apel dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan.

Meningkatkan Energi

Manfaat cuka apel untuk diet adalah dapat membantu meningkatkan energi. Beberapa orang biasanya merasa kehilangan energi saat sedang menjalankan diet. Jika kamu mengalaminya, kamu bisa mengonsumsi cuka apel setiap pagi agar energi dapat bertambah. Kamu bisa mencampurkan air putih dengan cuka apel untuk diminum.

4 dari 4 halaman

Manfaat Cuka Apel untuk Jerawat

Kandungan cuka apel memiliki banyak manfaat baik bagi kulit dan tubuh. Cuka apel juga dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi masalah jerawat yang kamu alami. Berikut manfaat cuka apel untuk jerawat yang harus kamu ketahui!

Menghilangkan Jerawat

 Bahaya memencet jerawat.© Freepik.com

Manfaat cuka apel untuk jerawat adalah dapat menghilangkannya. Kandungan asam malat dalam cuka apel dapat berperan sebagai anti bakteri dan anji jamur. Jika kamu menggunakan cuka apel dengan teratur maka kulit kamu akan terhindar dari minyak, kotoran, dan bakteri penyebab jerawat.

Membasmi Racun di Kulit

Manfaat cuka apel untuk jerawat adalah membasmi racun di kulit yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. Polusi dan radikal bebas adalah dua hal yang seringkali menjadi penyebab masalah jerawat yang kamu alami. Dengan rutin membersihkan wajah menggunakan cuka apel maka racun-racun tersebut akan hilang. (mut)

 

(Audila Rima Ndani/Sumber: Berbagai sumber)

Beri Komentar